Berita Banyuwangi

Tiba di Banyuwangi, Tim Asesor Unesco Global Geopark Terkesan dengan Green Airport

Kehadiran tim asesor UGG ke Banyuwangi dalam rangka penilaian kelayakan Geopark Ijen masuk dalam jajaran Unesco Global Geopark.

Penulis: Haorrahman | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Humas Pemkab Banyuwangi
Tim asesor Unesco Global Geopark (UGG) tiba di Banyuwangi untuk melakukan penilaian terhadap Geopark Ijen, Kamis (9/6/2022). 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Tim asesor Unesco Global Geopark (UGG) tiba di Banyuwangi untuk melakukan penilaian terhadap Geopark Ijen, Kamis (9/6/2022).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyambut langsung kehadiran tim penilaian geopark dunia tersebut.

Kehadiran tim asesor UGG ke Banyuwangi dalam rangka penilaian kelayakan Geopark Ijen masuk dalam jajaran Unesco Global Geopark.

Geopark Ijen saat ini dalam proses pengajuan untuk menajdi jaringan geopark dunia.

Tiba di Bandara Banyuwangi, dua asesor dari Unesco, Martina Paskova dan Jacob Walloe disambut tarian khas Banyuwangi ‘’Jejer Gandrung’’, sebagai sambutan selamat datang bagi para tamu daerah.

Terbawa rancaknya gamelan khas Banyuwangi, mereka berdua turut menari mengikuti gerakan para penari Gandrung. Sesekali mereka tergelak saat mengikuti gerakannya.

Setelahnya, mereka diajak Bupati Ipuk berkeliling melihat arsitektur Bandara Banyuwangi.

Puas berkeliling, tim asesor melontarkan pujiannya terhadap “green airport” pertama di Indonesia tersebut.

Mereka juga tampak tertarik saat dijelaskan Bupati Ipuk bahwa bandara Banyuwangi ini menarik perhatian dunia bukan hanya karena desainnya yang mengadopsi bentuk ikat kepala Suku Osing (masyarakat asli Banyuwangi), namun juga bangunannya yang berkonsep hijau dan ramah lingkungan (Green Building).

Meminimalisir penggunaan AC, memanfaatkan udara bebas untuk sirkulasi di dalam bangunan bandara. Selain itu juga menggunakan kayu sebagai material utama bangunannya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved