Pemilu 2024

Mengulangi Romantisme 2004, PKB Kabupaten Pasuruan Targetkan 20 Kursi di Pemilu 2024

kenaikan lima kursi ini bukan hal yang mustahil. Ia memperkirakan, dari enam dapil, masing-masing bisa menambah 1 kursi.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Deddy Humana
surya/galih lintartika
Sekretaris DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan. 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Raihan 25 kursi di DPRD Kabupaten Pasuruan pada Pemilu 2004 merupakan romantisme sejarah bagi DPC PKB Kabupaten Pasuruan. Dan pada Pemilu 2024 mendatang, PKB ingin mengulangi kejayaan dua dasawarsa silam dengan memburu target 20 kursi di DPRD setempat.

Saat ini mesin PKB mulai dipanaskan menjelang kontestasi lima tahunan ini. Target 20 kursi itu meningkat dibandingkan perolehan kursi dalam pemilu 2019 lalu. Saat itu, PKB meraih 15 kursi dan menempatkannya sebagai partai pemenang pemilu.

Sekretaris DPC PKB, Sudiono Fauzan mengatakan, sesuai rapat konsolidasi internal, target perolehan kursi ditingkatkan pada 2024. Menurutnya, target 20 kursi adalah hal yang realistis dan rasional.

Ia mengaku ingin mengulangi masa kejayaan PKB di tahun 2004. Saat itu, kata Mas Dion, sapaan akrabnya, PKB pernah mendapatkan 25 kursi dari total anggota DPRD yang berjumlah 45 orang.

"Kami ingin mengulangi masa kejayaan itu, tentunya dengan persiapan yang matang dan terukur sejak sekarang," tegas Mas Dion, Senin (6/6/2022).

Dikatakan pula, pada tahun 2004 itu, hampir semua PKB di daerah mengalami penurunan. Tetapi Kabupaten Pasuruan justru bisa meraih hasil yang maksimal.

"Kalau diperkirakan, PKB menguasai 56 persen kursi. Nah, tahun 2024 atau 20 tahun setelahnya, kami ingin meraih 50 persen kursi di DPRD," ungkapnya.

Menurut Mas Dion, kenaikan lima kursi ini bukan hal yang mustahil. Ia memperkirakan, dari enam dapil, masing-masing bisa menambah 1 kursi.

"Selama ini kan rata-rata sudah mendapatkan dua kursi. Maka dinaikkan semua menjadi tiga kursi, jadi prioritasnya di setiap dapil bisa tambah kursi," tambahnya.

Mas Dion mengatakan, target ini butuh perjuangan keras karena bukan hal yang mudah. Namun, ia mengaku PKB sudah menyiapkan sederet strategi menyongsong ke sana. "Bersama semua kader, kami akan bekerja dengan menggerakkan semua mesin partai. Mudah-mudahan, target ini bisa terpenuhi," sambungnya.

Disampaikan Mas Dion, ke depan akan dilakukan konsolidasi di semua lini untuk memperkuat dan menyiapkan pertarungan di Pemilu 2024 mendatang. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved