Berita Malang Raya

Pemprov Jatim akan Jalin Kerjasama di Sektor Pendidikan dan Ekonomi Digital dengan Australia Barat

Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menjalin kerja sama dengan Australia Barat di Sektor Pendidikan dan Ekonomi Digital.

surya.co.id/rifky edgar
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak saat menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri Australia Barat Roger Coo di EJSC Bakorwil III Malang, Selasa (31/5/2022). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menjalin kerja sama dengan Australia Barat di Sektor Pendidikan dan Ekonomi Digital.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat mendampingi kunjungan kerja Wakil Perdana Menteri Australia Barat Roger Cook ke Jawa Timur, Selasa (31/5/2022).

Mereka melakukan peninjauan ke Kawasan Ekonomi dan East Java Super Coridor (EJSC) dan Millenial Job Center (MJC) Bakorwil III Malang.

Keduanya melihat langsung dan bertatap muka dengan para milenial yang mengembangkan karya-karyanya di EJSC dan MJC Bakorwil III Malang.

"Tentu harapannya EJSC dan MJC diharapkan dapat mendongkrak ekonomi kreatif dan juga mendorong pelaku UMKM yang ada di masing-masing daerah," ujar Emil Dardak

"Wakil PM Australia Barat juga bertatap muka dengan generasi muda yang sudah mengembangkan karya-karya yang luar biasa," lanjut Emil.

Dia menjelaskan, EJSC merupakan ruang kolaborasi yang menyediakan tempat untuk sharing atau berbagu antar individu, komunikasi, maupun perusahaan khususnya start up.

Serta memberikan fasilitas usaha job training pendidikan vokasi fasilitas pembiayaan modal usaha pada tahap awal usaha sekaligus fasilitas usaha.

Sementara MJC, yakni program pengembangan kompetensi yang menekankan pada 'On Job The Learning' di mana para pesertanya diberi sebuah pekerjaan temprorer berbayar dari klien usaha atau organisasi.

"Pertemuan bilateral ini diharapkan dapat memberikan banyak potensi kerjasama,"

"Karena banyak potensi kerjasama di sektor transportasi jalur laut pelabuhan Banyuwangi-Fremantle Australia Barat, dan jalur udara serta terkait sektor pariwisata,"

Emil berharap, dengan melihat langsung kontribusi dari MJC kepada para pelaku usaha UMKM, mendapat dukungan dari pihak Pemerintah Australia Barat dapat menjalin kerjasama dengan Jawa Timur utamanya di sektor pendidikan dan pengembangan ekonomi digital.

"Kita percaya tourism treat investment. Kalau orang sering berkomunikasi, berdagang maka akan menghasilkan investasi. Tahapan ini akan kita lakukan setelah tertahan dari Pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir," imbuhnya.

Usai melakukan peninjauan, Wakil Perdana Menteri Australia Barat Roger Cook mengaku sangat terkesan dengan berbagai program Pemprov Jatim dalam rangka pengembangan ekonomi digital.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved