Surya Militer

Digembleng di Pusat Pendidikan Kopasgat, 500 Pasukan Komcad Matra Udara Siap Jalani Latihan Dasar

Sebanyak 500 pasukan Komponen Cadangan atau Komcad dari matra udara sudah bersiap untuk menjalani latihan dasar kemiliteran.

instagram @militer.udara
Digembleng di Pusat Pendidikan Kopasgat, 500 Pasukan Komcad Matra Udara Siap Jalani Latihan Dasar. 

SURYA.co.id - Sebanyak 500 pasukan Komponen Cadangan atau Komcad dari matra udara sudah bersiap untuk menjalani latihan dasar kemiliteran.

Mereka akan digembleng di pusat pendidikan Kopasgat TNI AU.

Melansir dari instagram @militer.udara, sebanyak 500 Komponen Cadangan Pertahanan Negara (Komcad Haneg) Matra Udara Tahun 2022 mengikuti Pelatihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) di Pusat Pendidikan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) Lanud Sulaiman, Margahayu Bandung.

Latsarmil dibuka Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kementerian Pertahan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha, ditandai penyematan tanda peserta latihan di lapangan upacara "Jingga" Kopasgat Bandung, Senin (30/5/2022).

Dalam sambutan tertulis Menteri Pertahanan RI yang di bacakan Dirjen Pothan mengatakan, Komcad merupakan subsistem pertahanan Negara yang harus dipersiapkan sejak dini.

Melalui penyiapan awal, maka saat dibutuhkan, Komcad mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama pertahanan negara.

Proses pembentukannya didasari pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan Negara Indonesia dengan memadukan kekuatan pertahanan militer dan nonmiliter.

Disampaikannya, salah satu strategi pertahanan Negara Indonesia dalam menghadapi perkembangan dinamika lingkungan strategis adalah strategi Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishamkamrata) yang melibatkan seluruh sumber daya nasional.

"Sistem ini melibatkan pengelolaan seluruh sumber daya nasional yang meliputi segenap sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional di seluruh NKRI sebagai satu kesatuan pertahanan dalam mengurangi ancaman," kata Menhan RI.

Menhan RI juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada seluruh Komcad pertahanan Negara, sekaligus berharap, dapat mengikuti Latsarmil yang telah disiapkan.

Komcad Matra Udara berasal dari warga negara Indonesia dengan berbagai latar belakang pendidikan dan profesi yang beragam.

Pada penerimaan tahun ini, terdapat sejumlah warga negara yang berprofesi sebagai pilot pesawat terbang, *tenaga kesehatan (perawat & terapist)* pegawai negeri sipil dan BUMN, diantaranya dari PT Dirgantara Indonesia (PT DI), Perusahaan Industri Angkatan Darat (Pindad) dan berbagai profesi lainnya.

Selama tiga bulan, seluruh peserta Latsarmil Komcad Matra Udara berbagai provinsi di Indonesia ini, akan menjalani pelatihan berbagai materi pendidikan, yaitu bidang sikap dan perilaku, bidang pengetahuan dan keterampilan, serta bidang jasmani.

Hadir saat upacara pembukaan Aspotdirga Kasau Marsda TNI Bowo Budiarto, S.E., CHRMP, Dankopasgat Marsda TNI Eris Widodo Y., S.E., M.Tr.(Han), beserta para pejabat jajarannya, pejabat Kodiklat TNI, Sesko TNI, pejabat Kodam III Siliwangi, Polda Jawa Barat, Kasgartap III/Bandung dan pejabat Forkopimda Kota/kabupaten Bandung, serta para pejabat TNI-Polri setempat.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved