Pemilu 2024

Ribuan Orang di Jember Mendaftar Jadi Relawan Anies Baswedan, Termasuk Kader dari 6 Partai Politik

Ketika wawancara dengan wartawan, Pras menyebut, mereka yang menjadi relawan Anies Baswedan, tidak sedikit berasal dari kalangan partai politik.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
surya/sri wahyunik
Deklarasi Jaringan Relawan Nasional (Jarnas) Anies Baswedan Kabupaten Jember, Kamis (26/5/2022). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Tidak hanya deklarasi dari para pendukung calon presiden (capres) lain, ribuan relawan pendukung Anies Baswedan untuk Pemilu 2024 ternyata juga bergerak. Kamis (26/5/2022), para relawan Anies Baswedan Kabupaten Jember telah mendeklarasikan diri dalam Jaringan Relawan Nasional (Jarnas) Anies Baswedan (ABW) DPD Jember di Hotel Cempaka Hill.

Deklarasi kepada Gubernur DKI Jakarta itu juga dibarengi dengan pengukuhan pengurus Jarnas DPC Jember, atau tingkat kecamatan. Sedangkan Jarnas tingkat kabupaten disebut dengan pengurus DPD.

Ketua Jarnas DPD Jember, Ahmad Prasetyono menuturkan, saat ini sudah terdata 3.500 orang relawan Anies Baswedan di Jember. "Pendaftaran secara online terdata sudah 3.500 orang se-Kabupaten Jember. Sampai akhir tahun ini, kami targetkan ada 10.000 orang relawan," ujar Prasetyono kepada SURYA usai deklarasi, Kamis (26/5/2022).

Pras, demikian panggilan akrab pria itu menambahkan, ribuan relawan itu tersebar di semua kecamatan di Kabupaten Jember. Apalagi, imbuhnya, saat ini sudah ada pengurus Jarnas DPC di 31 kecamatan, alias di semua kecamatan di Jember.

Dari pantauan SURYA, untuk deklarasi relawan bakal Capres 2024, deklarasi relawan Anies Baswedan ini terbilang banyak. Untuk pengukuhan pengurus tingkat kecamatan saja, ada 93 orang yang hadir di aula hotel tersebut.

Selama deklarasi berlangsung yel-yel 'Anies Baswedan Presiden' beberapa kali berkumandang. Deklarasi itu diisi dengan pengarahan dari loyalis Anies, juga pengurus Jarnas tingkat kabupaten. Peserta juga menyanyikan mars Anies Baswedan. Mereka juga mengumandangkan komitmen mendukung Anies Baswedan untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Mari kita berkomitmen, bekerja bersama-sama, menyamakan persepsi dan berkomitmen mendukung Pak Anies Baswedan. Kita punya slogan khusus yakni nasionalis, religius, dan milenial. Kita menyasar milenial, karena 40 persen pemilih rasional di Februari 2024 nanti adalah milenial di rentang usia 17 - 25 tahun," tegas Pras kepada relawan.

Pras juga meminta semua relawan menyebarluaskan informasi yang benar tentang siapa Anies Baswedan, apa prestasinya. "Juga yang penting adalah nasabnya (garis keturunan)," tegas Pras.

Ketika wawancara dengan wartawan, Pras menyebut, mereka yang menjadi relawan Anies Baswedan, tidak sedikit berasal dari kalangan partai politik. Mereka merupakan kader sejumlah partai politik.

Ia menyebut, kader dari setidaknya enam partai politik yang punya kursi di DPRD Jember turut terlibat dalam Jarnas Anies Baswedan Jember. Seperti contoh Prasetyono sendiri yang merupakan anggota dari Partai Perindo Jember. "Banyak memang kawan-kawan Jarnas ini adalah kader partai politik," pungkasnya. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved