Penjelasan Lengkap Anies Baswedan Soal Jakarta Hajatan: Itu Istilah yang Sangat Betawi

Ada hal baru dalam perayaan HUT Jakarta ke 495. Di tahun ini, Gubernur DKI Anies Baswedan menggunakan tajuk 'Jakarta Hajatan'.

Editor: Adrianus Adhi
instagram
Anies Baswedan 

SURYA.co.id - Ada hal baru dalam perayaan HUT Jakarta ke 495. Di tahun ini, Gubernur DKI Anies Baswedan menggunakan tajuk 'Jakarta Hajatan'. Ini penjelasannya

Anies mengatakan, penggunakan kata 'hajatan' merupakan selebrasi atau perayaan yang di dalamnya identik dengan doa dan sukacita.

Tak hanya itu, penggunaan kata 'hajatan' juga mencerminkan budaya Betawi setiap kali menggelar acara syukuran.

"Menjadi Jakarta Hajatan. Sehingga ke depannya dan hajatan itu istilah yang sangat Betawi ini ada lagi istilah kita di masyarakat Betawi kalau dengar hajatan langsung tahu pasti ada syukurannya ada, senangnya ada doanya, ada perayaannya," kata Anies dalam tayangan streaming YouTube di channel resmi Pemprov DKI Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Orang nomor satu di Jakarta itu juga berharap, dalam perayaan Jakarta Hajatan ke-495 ini dapat dirasakan kebahagiaannya dan dirayakan oleh seluruh masyarakat khususnya di Jakarta.

Sebab, jika menilik pada budaya Betawi zaman dahulu, apabila ada warga yang menggelar hajatan maka kata dia, tempat tersebut akan ramai didatangi orang dan tercipta keakraban untuk saling bantu di antara warga.

"Jadi ini adalah sebuah kata yang semua orang langsung tahu maknanya dan yang tidak kalah penting hajatan itu pasti rame-rame enggak ada hajatan soliter enggak ada hajatan sendirian hajatan itu pasti semua orang datang," kata Anies.

Dalam rangkaian perayaan tahun ini, Anies menyatakan, akan di awali dengan Pencanangan Jakarta Hajatan ke-495 yang digelar langsung dari Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu.

Adapun pemilihan lokasi tersebut didasari kata Anies, agar masyarakat dunia tahu bahwasanya Jakarta bukan hanya daratan tetapi juga terdiri dari kepulauan serta mencerminkan Jakarta sebagai kota megapolitan terbesar di dunia.

"Jakarta adalah megapolitan terbesar di belahan Selatan dunia ini terbesar di dunia dan kita punya daratan di pulau Jawa dan kepulauan yang kita sebut sebagai Kepulauan Seribu, ada 111 pulau di sini 11 diperbarui 7 untuk kegiatan pariwisata," tukas Anies.

Nantinya kata dia, ada beragam rangkaian acara pembuka Jakarta Hajatan ke-495 yang akan diselenggarakan di lokasi tersebut.

Rangkaian Acara Jakarta Hajatan ke-495

Setelah pembuka di Pulau Bidadari, rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 kemudian akan kembali dilanjutkan dengan beragam kegiatan seperti halnya:

Jakarta Weekend Walking, Cycling and Running Tour; Jakarta International Java Jazz; Upacara Ziarah Taman Makam Pahlawan; Upacara Peringatan HUT Ke-495 Kota Jakarta; Jakarta Concert di Taman Ismail Marzuki (TIM).

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved