Berita Kota Mojokerto

Nyaris Sukses Berbelanja Rp 18 Juta Tanpa Bayar di Mojokerto, Emak Ini Ketahuan Petugas Kebersihan

Kapolsek Magersari, Kompol Bambang Soegiharto menjelaskan, pelaku menyaru sebagai pengunjung sekitar pukul 20.00 WIB. Dan ia beraksi dengan komplotann

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Deddy Humana
surya/mohammad romadoni
Beberapa barang bukti hasil curian dari supermarket yang diamankan di Polsek Magersari Mojokerto dari seorang ibu rumah tangga. 

SURYA.CO.ID, KOTA MOJOKERTO - Tindakan nekat Dewi Inayah (44) sudah bukan mengutil atau klepto lagi, melainkan sudah berbelanja sungguhan. Perempuan asal Jakarta itu harus berurusan dengan polisi setelah nekat mencuri barang belanjaan tanpa membayar di Transmart Carrefour, Senin (16/5/2022), dengan nilai Rp 18 juta lebih.

Sebenarnya perbuatan nakal Dewi itu nyaris sukses karena berhasil membawa troli berisi berbagai barang ke areal parkir Transmart di Jalan Benteng Pancasila, Kota Mojokerto. Di sana, sudah menunggu komplotan Dewi yang bersiap di dalam mobil.

Tetapi gerak-gerik emak asal Johor Baru, Jakarta itu diketahui seorang petugas kebersihan (cleaning service) yang curiga dan melapor ke petugas sekuriti. Maka perbuatan jahatnya itu gagal total.

Kapolsek Magersari, Kompol Bambang Soegiharto menjelaskan, pelaku menyaru sebagai pengunjung sekitar pukul 20.00 WIB. Dan ia beraksi dengan komplotannya yang saat ini buron.

"Modus pelaku yakni berpura-pura menjadi pengunjung dan membawa puluhan barang belanjaan ke dalam troli," kata Bambang, Jumat (20/5/2022).

Tidak tanggung-tanggung barang belanjaan yang diambil pelaku adalah susu bubuk kemasan kaleng, sabun, minyak telon, celana dalam dan barang kebutuhan pokok dengan total Rp 18.416.950.

Setelah troli terisi penuh dengan barang belanjaan, pelaku mengendap-endap kabur meninggalkan lokasi tanpa melalui ke kasir menuju parkiran supermarket. Di sana komplotan pelaku mengendarai mobil menunggu di tempat parkir. "Pelaku kepergok petugas cleaning service yang saat itu melihatnya karena curiga melapor ke sekuriti," jelasnya.

Bambang mengatakan komplotan pelaku pencurian kabur saat ketahuan mencuri. Sedangkan Dewi yang ditinggalkan oleh sesama pencuri, diamankan sekuriti di ruangan Customer Service.

Pelaku tidak dapat menunjukkan bukti pembayaran puluhan barang belanjaan yang dibawa tersebut. Pihak supermarket akhirnya melaporkan pelaku ke polisi dan yang bersangkutan diamankan ke Polsek Magersari.

Dari pengakuannya, pelaku merupakan spesialis pencuri di toko modern yang modusnya sama yakni menyaru sebagai pengunjung atau pembeli. Pelaku menyasar pusat perbelanjaan supermarket yang minim penjagaan.

Atas perbuatannya pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan ancaman tujuh tahun pidana. "Pelaku spesialis pencurian di toko modern yang sasarannya supermarket Transmart lantaran penjagaannya terbatas," ucap Bambang. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved