Grahadi

Berita Kota Surabaya

Peringatan Hari Buruh 1 Mei, Emil Dardak Dukung Usulan Agar Marsinah Jadi Pahlawan Nasional

Ini merupakan usulan yang disampaikan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Jawa Timur.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Deddy Humana
surya/yusron naufal putra
Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak menemui aksi buruh beberapa waktu lalu. 

SURYA.CO.ID, KOTA SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mendukung penuh usulan agar aktivis buruh, Marsinah menjadi pahlawan nasional serta rencana pembangunan monumen khusus untuk mengenang buruh perempuan itu di Nganjuk.

Ini merupakan usulan yang disampaikan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Jawa Timur. Belum lama ini, KSBSI menggelar audiensi dengan Emil.

Seperti diketahui, Marsinah yang merupakan buruh pabrik yang semasa hidupnya dikenal sebagai aktivis dan mendedikasikan diri dalam memperjuangkan hak-hak buruh.

Menanggapi usulan yang disampaikan KSBSI Jatim, Emil menyambut baik. "Terkait Marsinah, kami siap mendukung panjenengan semua dalam memperjuangkan Marsinah sebagai pahlawan nasional," kata Emil dalam keterangan yang dikutip Minggu (1/5/2022).

Emil juga langsung berkomunikasi dengan Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi untuk membicarakan rencana pembangunan Monumen Perjuangan Marsinah yang terletak Nganjuk tersebut. Nantinya bakal dibahas lebih lanjut, antara Pemprov Jatim maupun dengan Pemkab setempat.

Di sisi lain, Emil dalam kesempatan audiensi itu turut mengajak KSBSI Jawa Timur untuk mengambil peran dalam membangun kesadaran kalangan buruh dalam memperjuangkan kepemilikan BPJS.

"Tugas kami mengkomunikasikan kepada pihak BPJS untuk menciptakan aplikasi monitoring itu. Ini merupakan inovasi yang saya rasa pihak BPJS juga akan turut mendukung," ucapnya.

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu mengungkapkan, secara prinsip Pemprov Jatim selalu terbuka untuk melakukan komunikasi dan dialog. Termasuk, terkait persoalan ketenagakerjaan dan buruh.

"Kita bisa saling memonitoring peristiwa yang terjadi baik yang sifatnya aduan dari para buruh dan akan kami bantu follow-up kepada pihak perusahaan yang mempekerjakan," ujar suami Arumi Bachsin tersebut. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved