Grahadi

Berita Kota Surabaya

Gubernur Sidak Pos Pengamanan Malam Takbiran di Jatim, Polisi Susun Penjagaan Sampai Level RT/RW

Dua pos yang menjadi titik pengawasan adalah di Taman Bungkul, Kecamatan Wonokromo, dan Bundaran Cito, Kecamatan Gayungan

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Deddy Humana
surya/luhur pambudi
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memantau pengamanan di pos mudik Lebaran di Surabaya, Minggu (1/5/2022) malam. 

SURYA.CO.ID, KOTA SURABAYA - Turunnya para petinggi pemerintahan untuk memantau keamanan arus mudik, menjadi tradisi setiap tahun. Dan itu dilakukan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama jajaran Forkopimda Jatim saat memantau keamanan malam takbiran melalui dua Pos Pengamanan, Minggu (1/5/2022) malam.

Dua pos yang menjadi titik pengawasan adalah di Taman Bungkul, Kecamatan Wonokromo, dan Bundaran Cito, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya.

Gubernur Khofifah mengatakan, di seluruh Jatim ada185 Pos Pengamanan, 59 Pos Pelayanan, 12 Pos Terpadu, dan 23 Pos yang berlokasi di rest area sepanjang ruas tol Jatim. Semua pos pengamanan tersebut, sudah terkoneksi dengan e-pospam, yang telah terkoneksi antar sistem.

"Bisa terkoneksi lebih cepat dan lebih mudah, dan tentu mengantisipasi dari hal hal yang kita lakukan bisa lebih cepat dan mudah, untuk bisa direspon oleh seluruh institusi," kata Khofifah saat mendatangi Pos Pamdi depan Cito Mall.

Di pos pam tersebut, ada anggota gabungan yang bersiaga. Mulai perseonel Polri, TNI, Satpol PP, hingga Pramuka. "Di pos pam ini ada jajaran polri, TNI, dokter, satpol PP, dan pramuka. Ini menjadi satu kesatuan sinergitas elemen untuk memberikan pengamanan dan perlindungan proses mudik tahun ini," pungkas mantan Menteri Sosial RI itu.

Dalam proses sidak tersebut, Khofifah juga ditemani oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, dan Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto. Kemudian, Wakil Gubernur Jatim ,Emil Elistianto Dardak, serta Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Akhmad Yusep.

Tampak pula, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, Nyono; Direktur Lalu Lintas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman; dan Kabid Propam Polda Jatim, Kombes Pol Taufik Herdiansyah Zeinardi.

Sebelumnya, guna meningkatkan patroli keamanan di permukiman masyarakat yang ditinggal mudik, Polda Jatim telah memberikan instruksi kepada seluruh polres dan polresta jajaran hingga ke tingkatan polsek.

Melalui jejaring komunikasi yang telah dibangun antara polsek dengan pengurus RT/RW permukiman wilayah, kepolisian dapat melakukan kontrol keamanan.

"Semua polres dan polsek nanti akan terjun semua untuk berpatroli di lingkungan di wilayahnya masing-masing," ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto.

Guna menunjang mekanisme keamanan di masing-masing wilayah permukiman, Dirmanto juga mengimbau masyarakat memaksimalkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) di masing-masing permukiman.

Melalui siskamling, pengurus pimpinan wilayah terkecil seperti RT/RW dapat melakukan pendataan dan pendayagunaan sumber daya manusia (SDM) untuk diajak melakukan pengamanan wilayah permukiman.

Mulai mendata, siapa saja warga yang meninggalkan rumah untuk melakukan perjalanan mudik. Termasuk siapa saja warga yang tidak melakukan perjalanan mudik.

Kemudian berkomunikasi dengan anggota Bhabinkamtibmas Polsek yang bertugas melakukan pembinaan di wilayah permukiman tersebut. "Sehingga lingkungan betul-betul bisa aman," ujarnya. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved