Grahadi

Pemprov Jatim

Jawa Timur Jadi Provinsi Terbaik Kedua Nasional untuk Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2022

Pemprov Jatim menerima penghargaan sebagai Provinsi Terbaik kedua Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2022.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
Istimewa
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Pemprov Jatim. Terbaru, Pemprov Jatim menerima penghargaan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas sebagai Provinsi Terbaik kedua Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2022.

Penyerahan penghargaan itu dilaksanakan secara virtual dalam rangkaian Pembukaan Musrenbangnas Tahun 2022 yang dibuka resmi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Negara, Jakarta.

Atas capaian tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, penghargaan yang diterima Provinsi Jatim merupakan hasil kerja sama, sinergitas dan harmonisasi jajarannya di tingkat provinsi hingga pemerintah kabupaten/kota, bahkan sampai ke tingkat terbawah.

"Alhamdulilah Provinsi Jatim mendapat penghargaan terbaik kedua Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2022. Penghargaan ini tak lepas dari sinergitas dan harmonisasi dari Bupati/Walikota se-Jatim dalam peningkatan inovasi pembangunan daerah masing-masing yang berdampak bagi kemajuan pembangunan Jatim," ungkap Khofifah, Jumat (29/4/2022).

Disampaikan Gubernur Khofifah, Penghargaan Pembangunan Daerah merupakan anugerah evaluasi kreatif dalam bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang berprestasi dalam menghasilkan perencanaan berkualitas dan mencapai target-target pembangunan daerah.

Sinkronisasi dan harmonisasi perencanaan pembangunan daerah yang disusun berdasarkan agenda pembangunan nasional, lanjut Gubernur Khofifah, merupakan wujud dari komitmen terhadap pencapaian Prioritas Pembangunan Nasional. Dengan demikian, dirinya berharap dapat memacu semangat pembangunan di Jawa Timur.

"Sinergitas pelaksanaan pembangunan mulai dari tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota ini penting dengan tetap mempertimbangkan kearifan lokal dan kebutuhan masyarakat. Sesuai prinsip-prinsip pembangunan yang holistik, tematik, terintegrasi dan spasial, serta dapat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah," jelasnya.

Provinsi Jatim sendiri, kata orang nomor satu di Jatim itu, dalam penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2022 mengusung program Jatim Puspa, yakni pemberdayaan perempuan untuk menggerakan perekonomian masyarakat yang berhasil menurunkan angka kemiskinan.

Selain itu, juga diusung inovasi terkait peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Timur yang didukung oleh Program Double Track SMA, Kesehatan dan Pendidikan Gratis Berkualitas.

“Serta perencanaan pembangunan yang memiliki koherensi dan konsistensi yang baik dari berbagai aspek dan memuat kebijakan pemulihan ekonomi akibat Covid- 19,” tandasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved