Berita Blitar

Pantau Macet di 14 Titik Lewat CCTV dari Pos Pelayanan Alun-alun Kota Blitar

Satlantas Polres Blitar Kota menyiapkan beberapa upaya untuk mengantisipasi kemacetan saat arus mudik Lebaran 2022

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/samsul hadi
Kasat Lantas Polres Blitar Kota menunjukkan layar monitor untuk memantau 14 titik CCTV di wilayah rawan macet di Pos Pelayanan Alun-alun Kota Blitar, Sabtu (23/4/2022). 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Satlantas Polres Blitar Kota menyiapkan beberapa upaya untuk mengantisipasi kemacetan saat arus mudik Lebaran 2022 di wilayahnya.

Salah satunya, Satlantas Polres Blitar Kota menyiapkan layar monitor di Pos Pelayanan Operasi Ketupat Semeru 2022 Alun-alun Kota Blitar, untuk memantau 14 titik CCTV di wilayah rawan macet.

"Kami di Pos Pelayanan Alun-alun di ldukung 14 titik CCTV. Ini akan mudah memantau jalur-jalur rawan kemacetan," kata Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Mulya Sugiharto, Sabtu (23/4/2022).

Mulya mengatakan 14 titik CCTV itu antara lain berada di simpang traffic light 511, simpang traffic light Herlingga, Jatimalang, Sanankulon, Rembang, dan kawasan wisata Makam Bung Karno.

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran 2022, Forpimda Kota Blitar Cek Pos Pengamanan di Stasiun dan Terminal

"Sejumlah titik CCTV yang kami pantau itu berada di jalur penghubung antara Kota Blitar ke Malang dan Kota Blitar ke Tulungagung maupun Kediri," ujarnya.

Dikatakannya, dengan kamera CCTV di Pos Pelayanan, petugas bisa memantau perkembangan arus lalu lintas di sejumlah titik.

Jika terjadi kemacetan di salah satu titik, maka petugas bisa segera meluncur ke lokasi untuk mengurai kepadatan kendaraan.

Baca juga: Jelang Lebaran 2022, Kota Kediri Digelontor Minyak Goreng Curah Subsidi 6 Ton

"Misalnya, terjadi penumpukan kendaraan di simpang traffic light 511. Petugas segera ke lokasi. Kami koordinasi dengan Dishub untuk mematikan traffic light. Pengaturan lalu lintas dilakukan manual," katanya.

Selain itu, kata Mulya, Satlantas Polres Blitar Kota juga menyiapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan di wilayahnya saat arus mudik Lebaran.

"Rekayasa lalu lintas sifatnya dinamis. Kalau terjadi kemacetan di satu titik, kami akan melakukan rekayasa lalu lintas salah satunya dengan pengalihan arus," katanya.

BACA UPDATE BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved