Partai Demokrat

Menerka Jalan Politik Bayu Airlangga Pasca Putuskan Mundur dari Partai Demokrat

Bayu Airlangga: Saya memutuskan mundur dari Partai Demokrat per hari Kamis, 21 April 2022

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Cak Sur
Istimewa
Bayu Airlangga 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Sebagai politisi muda, karir politik Bayu Airlangga masih cukup potensial. Sehingga begitu keputusan angkat kaki dari Demokrat diambil, Bayu potensial jadi rebutan partai politik lain. 

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam mengatakan, faktor keluarga juga mempengaruhi daya tarik Bayu. Diketahui, Bayu merupakan menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo atau Pakde Karwo. 

"Saya pikir faktor Pakde Karwo itu yang membuat Mas Bayu menjadi something dan tetap potensial. Sebagai anggota keluarga inti, faktor itu yang membuat Mas Bayu tetap saja potensial diperebutkan banyak partai jika keluar dari Demokrat," kata Surokim, Sabtu (23/4/2022). 

Faktor demikian, dalam pandangan Surokim, membuat Bayu memiliki daya tarik untuk jadi rebutan parpol. Utamanya, parpol di kalangan tengah dalam konteks Jawa Timur.

Sekalipun demikian, keputusan Bayu yang keluar dari Demokrat kemudian pindah ke parpol lain juga bukan perkara mudah. Apalagi melepaskan diri dari sesuatu yang selama ini melekat. Hal ini menjadi tantangan tersendiri. 

"Kendati demikian jika melihat relasi kuasa pakde, Mas Bayu akan tetap potensial untuk diperebutkan partai-partai, tetapi sungguh selalu tidak mudah," jelas Surokim yang juga peneliti senior SSC tersebut. 

Sebelumnya diberitakan, kabar mengejutkan datang dari internal Partai Demokrat Jawa Timur. Salah seorang kader mereka, Bayu Airlangga memutuskan mundur dari partai berlambang bintang mercy tersebut. 

Sebab mundurnya Bayu disebutkan lantaran efek dinamika penentuan Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur. Diketahui, Bayu pada forum Musda di Surabaya menjadi calon ketua dengan mengantongi dukungan dari 25 DPC. 

Namun, DPP dalam keputusannya memilih Emil Elestianto Dardak menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Jatim definitif. Dalam keterangannya, Bayu menyatakan saat ini dirinya telah mundur. 

"Saya memutuskan mundur dari Partai Demokrat per hari Kamis, 21 April 2022," kata Bayu dikutip dari keterangan yang diterima wartawan pada Jumat (22/4/2022).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved