Advertorial

DPRD Kota Surabaya Bisa Rekomendasikan Segel Mall dan Apartemen Nakal Tanpa SLF

DPRD Kota Surabaya bisa merekomendasikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Satpol PP untuk menyegel gedung-gedung tersebut.

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/nuraini faiq
Ketua Komisi A DPRD Surabaya Pertiwi Ayu Krhisna memimpin rapat dengar pendapat (hearing) dengan manajemen bangunan tinggi mulai mall hingga apartemen di Surabaya terkait masalah sertifikat layak fungsi (SLF), d gedung DPRD Surabaya, Kamis (21/4/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Sebanyak 197 gedung tinggi mulai mall hingga apartemen di Kota Surabaya kena peringatan keras karena tak mengantongi sertifikat layak fungsi (SLF).

Jika gedung-gedung tinggi itu tak beritikad baik menuntaskan SLF, maka bisa disegel.

DPRD Kota Surabaya bisa merekomendasikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Satpol PP untuk menyegel gedung-gedung tersebut.

Sebab, dengan tidak dikantonginya SLF berarti tidak memberi jaminan kenyamanan dan keselamatan pengunjung maupun penghuni.

"Kami akan pantau dalam kurun waktu dua minggu ini. Kalau tidak ada itikad baik, rekomendasi segel bisa saja kami lakukan. Mestinya SLF dimiliki sebelum gedung dioperasikan," kata Ketua Komisi A DPRD Surabaya Pertiwi Ayu Krhisna, Kamis (21/4/2022).

Komisi A menggelar rapat dengar pendapat khusus. Hearing ini digelar sebagai buntut dari peristiwa kebakaran yang menimpa mal besar, Tunjungan Plaza 5.

Mal ini ditengarai juga termasuk yang kena peringatan karena tidak memiliki SLF.

Sebagaimana Peraturan Wali Kota Surabaya (Perwali) No 14/2018 yang mengatur tentang SLF, menyatakan setiap gedung bertingkat harus mengantongi SLF, yang menjadi syarat kelaikan fungsi bangunan di antaranya kesesuaian fungsi, tata bangunan, keselamatan, kesehatan, kenyamanan, serta kemudahan bangunan gedung.

Setiap gedung, yang terutama harus dimiliki adalah surat keterangan peruntukan gedung, IMB (izin mendirikan bangunan), baru SLF.

Artinya, SLF adalah komitmen untuk memastikan keselamatan gedung.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved