Berita Malang Raya

Pura-pura Salat, Pria Asal Jember Gasak Duit dalam Kotak Amal Musala di Malang

Warga Patrang, Kabupaten Jember, nekat mencuri uang dalam  kotak amal di Musala Darul Muhlisin, Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Malang.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Erwin Wicaksono
Kotak amal di Musala Darul Muhlisin, Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, yang dibobol warga Jember yang berpura-pura salat, Kamis (21/4/2022). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Arif Usman (24) warga Patrang, Kabupaten Jember, nekat mencuri uang dalam  kotak amal di Musala Darul Muhlisin, Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Kamis (21/4/2022).

Dalam melancarkan aksinya, Arif berlagak pura-pura salat guna memuluskan rencana kriminalnya tersebut.

"Secara modus operandi, pelaku melakukan pencurian uang amal dengan cara berpura pura salat di musala. Kemudian pelakiumendekati kotak amal dan merusak gembok kotak amal dengan menggunakan besi yang dibungkus kertas dibalut isolasi warna bening," ujar Kapolsek Pakis, AKP Moh Lutfi ketika dikonfirmasi.

Secara kronologis, Lutfi mengatakan, aksi pelaku terendus usai saksi mata mendapati kotak amal di Musala Darul Muchlisin tiba-tiba rusak.

"Tidak lama kemudian, para saksi melihat terduga pelaku berusaha melarikan diri ke arah pekarangan di belakang rumah warga," papar Lutfi.

Lutfi menambahkan, para saksi kemudian berhasil mengejar pelaku dan mengamankannya berserta barang bukti.

"Uang curian tersebut sudah di tempatkan di sebuah tas kresek tanggung warna hitam. Beserta alat pencukit dari besi yang dibungkus kertas dan dolasi warna bening," jelas Lutfi.

Mendengar laporan dari warga, petugas Polsek Pakis kemudian mendatangi lokasi untuk mengamankan pelaku beserta barang buktinya.

"Karena perbuatannya pelaku disangkakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dan penggelapan," tutupnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved