Grahadi

Pemprov Jatim

Presiden Joko Widodo Resmikan Bandara Trunojoyo Sumenep, Khofifah Optimis Ekonomi Madura Terdongkrak

Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Trunojoyo yang berada di Kabupaten Sumenep, Madura, Provinsi Jawa Timur, Rabu (20/4/2022). 

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
Istimewa
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendampingi Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara Trunojoyo yang berada di Kabupaten Sumenep, Madura, Provinsi Jawa Timur, Rabu (20/4/2022). 

SURYA.CO.ID, SUMENEP - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari Rabu (20/4/2022) ini meresmikan Bandara Trunojoyo yang berada di Kabupaten Sumenep, Madura, Provinsi Jawa Timur. 

Dalam peresmian itu, Presiden Jokowi juga tampak didampingi oleh Menteri Perhubungan RI, Menteri Pertahanan RI, Menteri BUMN RI, Menteri Sekretaris Negara. Serta hadir mendampingi pula Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi. 

“Alhamdulillah Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep Madura telah selesai dibangun dan siap dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan masyarakat di Pulau Madura, dan pulau pulau lainnya di sekitar Madura,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Dikatakan Jokowi, bandara ini akan memiliki fungsi yang sangat penting untuk meningkatkan konektivitas serta memudahkan keterhubungan antar pulau-pulau kecil di Madura. Serta juga akan membuka isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar Madura. 

“Bandara ini juga akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari pulau-pulau sekitar Madura yang jika menggunakan kapal membutuhkan waktu berhari-hari, sekarang dengan pesawat hanya membutuhkan waktu satu jam saja,” tambah Presiden Jokowi.

Ia yakin dengan konektivitas yang semakin baik mobilitas masyarakat akan mudah dan meningkat dan titik titik pertumbuhan ekonomi juga akan semakin berkembang. Usaha baru juga akan bermunculan dan kesempatan kerja baru juga akan semakin bertambah. 

“Saya minta karena ini sudah hampir menjelang hari raya, saya minta Menteri Perhubungan agar diusahakan ada penerbangan yang dari Surabaya ke Sumenep maupun dari Jakarta ke Sumenep. Untuk kita coba apakah penuh atau tidak penuh penumpangnya. Menurut saya penuh,” tegas Jokowi. 

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta agar bandara ini dijaga sebaik-baiknya serta digunakan untuk meningkatkan daya saing daerah, juga memajukan kesejahteraan warga Madura sekitarnya.

Hal senada juga disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang optimis, bahwa ini akan menjadi titik dimana ekonomi kawasan Madura termasuk kepulauan akan terdongkrak pesat. 

Pasalnya, Bandara Trunojoyo melayani penerbangan perintis dari Sumenep-Bawean PP dan Sumenep-Pagerungan PP. Kemudian juga melayani penerbangan komersial rute Sumenep-Surabaya PP, dan Sumenep-Banyuwangi PP. 

Bahkan, ke depannya bandara tersebut diproyeksikan akan membuka rute dari dan ke Banjarmasin, Denpasar, Jakarta, Pulau Kangean, Pulau Masalembu dan Jember.

“Terima kasih bapak Presiden Joko Widodo yang telah meresmikan operasional Bandara Trunojoyo di Sumenep Madura Jawa Timur. Kehadiran bandara ini menjadi hadiah lebaran istimewa bagi masyarakat Madura,” tegas Khofifah.

Saat ini, bandara ini memiliki runway sepanjang 1600 m x 30 m yang mampu didarati pesawat jenis ATR-72. Bandara ini juga telah memiliki gedung terminal baru seluas 3.600 m2 dengan kapasitas 129 ribu penumpang per tahunnya.

Bandara Trunojoyo juga dilengkapi standar keselamatan yang mumpuni, serta digunakan oleh beberapa sekolah penerbangan seperti Merpati Pilot School, BP3 Banyuwangi Kemenhub, Nusa Flying Internasional, Aviatera, Global Aviation dan Bali International Flight Academy.

“Ke depan, insya Allah bandara ini akan mampu meningkatkan arus investasi yang masuk ke Madura, mengoptimalkan konektivitas antar wilayah, mendongkrak kemajuan pariwisata, mempercepat aktivitas ekonomi serta distribusi barang dan jasa dari daerah ke daerah dan provinsi ke provinsi, yang muatanya tentu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga Madura,” pungkas Khofifah. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved