UMKM Kopi Jember Binaan Bank Indonesia Jember Tembus Pasar Ekspor

Produk yang mampu menembus pasar ekspor tersebut adalah kopi robusta dari Desa Sidomulyo Kecamatan Silo, Jember.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/sri wahyunik
Produk UMKM Kabupaten Jember binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember menembus pasar ekspor. 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Produk UMKM Kabupaten Jember binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember menembus pasar ekspor.

Produk yang mampu menembus pasar ekspor tersebut adalah kopi robusta dari Desa Sidomulyo Kecamatan Silo, Jember.

Adalah KSU Buah Ketakasi, UMKM binaan KPwBI Jember asal desa tersebut yang mampu membawa kopi robusta Jember ke pasar ekspor tersebut.

Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan dan dorongan BI Jember kepada pelaku UMKM tersebut.

Bank Indonesia mendorong UMKM agar berdaya saing untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif melalui tiga pilar pengembangan UMKM, yakni korporatisasi, kapasitas dan pembiayaan.

Seperti yang dilakukan kepada KSU Buah Ketakasi. Dukungan berupa pembinaan dan pendampingan, mulai dari memberikan pelatihan agripreneur, pendampingan dalam memperoleh sertifikasi halal dan sertifikasi resi gudang, business matching, mengikutsertakan pada berbagai pameran, seperti Industri Kreatif Syariah (IKRA) Pangan, Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Jawa, Festival Kopi Nusantara, Inacraft dan berbagai event lainnya.

KSU Buah Ketakasi telah berkembang pesat dan memperoleh berbagai prestasi, di antaranya juara 1 rasa kopi robusta terfavorit di Nusa Dua Bali dan juara 3 uji rasa Indonesia di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia.

KSU Buah Ketakasi juga telah mengekspor kopi andalannya ke beberapa negara, yakni India dan kawasan Timur Tengah sebesar 1870 ton senilai Rp 41 miliar bekerja sama dengan PT Olam Indonesia.

Kerjasama perdagangan terus dilakukan oleh KSU Buah Ketakasi dengan didampingi oleh Bank Indonesia, seperti yang dilakukan pada Rabu (30/3/2022).

KSU Buah Ketakasi melakukan kerjasama perdagangan dengan PT Bright Java Indonesia, yakni perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan dan ekspor kopi yang berbasis di Salatiga, Jawa Tengah.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved