Advertorial

Perdalam Ilmu Agama Islam dengan Belajar Tafsir dan Makna 5 Surat Alquran Berikut Ini!

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam mendalami agama yakni dengan membaca Alquran sebagai pedoman hidup bagi umat Muslim.

Editor: Cak Sur
Istimewa
Perdalam Ilmu Agama Islam dengan Belajar Tafsir dan Makna 5 Surat Alquran Berikut Ini! 

SURYA.CO.ID - Bagi seorang Muslim, sudah sepatutnya untuk terus belajar mendalami agama Islam agar lebih paham dan mengerti apa ajaran penting yang terkandung di dalamnya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam mendalami agama yakni dengan membaca Alquran sebagai pedoman hidup bagi umat Muslim.

Oleh karena itu, di sini ada beberapa surat Alquran yang bisa Anda pahami dan pahami makna dan
tafsirannya di situs TafsirWeb yang sudah ditafsirkan oleh Kementerian Agama RI, Kementerian Agama Saudi Arabia serta Tafsir al-Mukhtasar yang sudah disupervisi oleh Imam Masjidil Haram, Shalih Humaid dan berbagai pihak lain.

  • Surat an-Nur Ayat 2
    Sebagai surat urutan ke 24 dalam Al Qur’an, surat an-Nur ayat 2 ini umumnya menerangkan mengenai ancaman bagi orang – orang yang mana melakukan perbuatan zina, baik itu laki – laki maupun perempuan.

    Di surat ini, Islam sangat menentang perbuatan zina karena memang dianggap sebagai perbuatan keji dan haram bagi Allah SWT. Tidak hanya itu, kandungan surat an-Nur sendiri jugamengandung ketentuan hukum perzinaan bagi pezina perempuan dan laki – laki yang belum pernah menikah.
  • Surat Yunus Ayat 40 - 41
    Selanjutnya, ada surat Yunus ayat 40 – 41 yang mana mengandung arti bahwa Allah SWT sudah menjelaskan mengenai adanya orang – orang beriman dan tidak beriman yang ada di muka bumi.

    Tidak hanya itu saja, ada juga orang yang suka berbuat kerusakan dan yang tidak suka kerusakan. Membaca dan memahami tafsir dan makna kandungan surat Yunus ayat 40 – 41 ini menjadikan kita tahu bahwa Allah SWT merupakan Dzat yang Maha Mengetahui atas semua perbuatan manusia di muka bumi.

    Bahkan, Allah SWT juga akan memberikan ganjaran bagi orang – orang yang tidak beriman kepada-Nya.
  • Surat al-Mujadalah Ayat 11
    Surat al-Mujadalah ayat 11 di dalam Al Qur’an sendiri menjelaskan mengenai adab ketika seseorang menghadiri suatu majelis dan pentingnya ilmu sebagai pegangan hidup manusia.

    Dalam surat ini sendiri juga turut menjelaskan bahwa umat Muslim yang hendak menghadiri majelis ilmu, sebaiknya mengambil tempat duduk yang memang diperlukan.

    Selain itu, mereka yang akan menghadiri suatu majelis ilmu juga diminta untuk mempersilahkan orang lain agar supaya bisa duduk di majelis tersebut.
  • Surat an-Nisa Ayat 36
    Seperti yang kita ketahui sebagai umat Muslim, bahwa Allah SWT telah memerintahkan kepada kita untuk selalu menyembah-Nya dan selalu menghormati kedua orang tua serta jangan menjadi orang yang sombong.

    Dalam surat an-Nisa ayat 36 ini sendiri umumnya menjelaskan kepada umat Muslim untuk
    menyembah hanya kepada Allah SWT dan jangan pernah sekali – kali mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun.

    Tidak hanya itu, kita juga diminta untuk selalu berbuat baik dengan sungguh-sungguh kepada kedua orang tua dan orang lain. Sebab, Allah SWT tidak menyukai dan tidak akan melimpahkan rahmat serta kasih sayang-Nya kepada orang sombong dan membanggakan diri di hadapan orang lain.
  • Surat al-Kautsar
    Merupakan surat yang berada di urutan ke 108 dalam Al Qur’an, surat al-Kautsar sendiri tergolong sebagai surat Makkiyah karena diturunkan di kota Mekah.

    Hanya terdiri dari 3 ayat, surat ini memiliki arti nikmat yang banyak. Di dalam surat pendek ini menjelaskan mengenai bagaimana Allah SWT memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada para penghuni surga.

    Tidak hanya itu saja, surat al-Kautsar juga berisi mengenai perintah Allah SWT kepada umat Muslim untuk mendirikan salat dan berkurban.

    Bahkan, Allah SWT juga akan memutus nikmat dan kebaikan dunia & akhirnya bagi orang – orang yang memusuhi Nabi Muhammad SAW.

Dari kelimat surat Alquran di atas, Anda yang ingin mengetahui tafsir dan makna surat yang lain dalam Alqr’an bisa membacanya langsung di situs TafsirWeb

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved