Berita Blitar

SMP di Kota Blitar Mulai Buka Pendaftaran PPDB Jalur Prestasi

SMP di Kota Blitar mulai membuka pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 melalui jalur prestasi. 

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Samsul Hadi
Pendaftar PPDB jalur prestasi non-akademik mengikuti tes bola basket di SMPN 1 Kota Blitar. 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Sekolah di Kota Blitar mulai membuka pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 melalui jalur prestasi. 

Seperti yang dilakukan SMPN 1 Kota Blitar yang telah membuka pendaftaran PPDB melalui jalur prestasi sejak dua hari lalu. 

Wakil Kepala SMPN 1 Kota Blitar Bidang Kesiswaan, Akhiyadi mengatakan, ada dua macam pendaftaran PPDB jalur prestasi. Yaitu, akademik dan non-akademik. 

Pendaftaran PPDB jalur prestasi akademik mengandalkan nilai rapor dan piagam olimpiade mata pelajaran. 

Sedang, pendaftaran PPDB jalur prestasi non-akademik melalui tes beberapa cabang olah raga, keagamaan dan seni. 

"Untuk cabang olah raga ada bola basket, karate, panahan dan tenis lapangan. Sedang keagamaan ada tahfidz dan seni baca Quran. Untuk seni ada lukis, kaligrafi, sedang musiknya ada vokal dan tari. Kuota PPDB jalur prestasi hanya 29 anak," kata Akhiyadi, Rabu (16/3/2022). 

Dikatakannya, ada beberapa jalur dalam pendaftaran PPDB Tahun Ajaran 2022/2023.

Selain jalur prestasi, juga ada pendaftaran PPDB melalui jalur Golden Tiket dan Apresiasi.

PPDB jalur Golden Tiket dilakukan melalui tes kemampuan akademik anak. Sedang PPDB jalur Apresiasi melalui lomba yang diadakan Dinas Pendidikan. 

"Untuk PPDB jalur Golden Tiket dan Apresiasi sudah selesai dilaksanakan. Kuota untuk jalur Golden Tiket 29 anak dan untuk jalur Apresiasi 14 anak," ujarnya.

Menurut Akhiyadi, masih ada pendaftaran PPDB melalui jalur pindah tugas orang tua (PTO), jalur afirmasi dan jalur zonasi.

"Untuk jalur zonasi dilaksanakan terakhir dan semua pelaksanaannya oleh Dinas Pendidikan," katanya.

Kasi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan Kota Blitar, Vitra Suwardani mengatakan, pendaftaran PPDB Tahun Ajaran 2022/2023 mulai dibuka untuk jenjang SMP.

Ada enam jalur dalam pendaftaran PPDB Tahun Ajaran 2022/2023. Keenam jalur pendaftaran PPDB, yaitu, Golden Tiket, Apresiasi, Prestasi, Pindah Tugas Orang Tua, Afirmasi dan Zonasi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved