Berita Tuban

Komunitas Tongklek Tuban Deklarasi Dukung Muhaimin Maju Pilpres 2024

Komunitas tongklek di Kabupaten Tuban, mendukung Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden pada Pemilu 2024

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Fatkhul Alami
Surabaya.tribunnews.com/M Sudarsono
Komunitas tongklek di Kabupaten Tuban, mendukung Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden pada Pemilu 2024, bertempat di Taman Sleko Jl. Pahlawan, Minggu (13/3/2022). 

SURYA.co.id | TUBAN - Komunitas tongklek di Kabupaten Tuban, mendukung Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden pada Pemilu 2024, bertempat di Taman Sleko Jl. Pahlawan, Minggu (13/3/2022).

Dukungan tersebut merupakan ekspresi pegiat seni tongklek kepada ketua umum PKB, agar maju pada ajang Pilpres mendatang.

Koordinator lapangan deklarasi, Eko Adin Purnomo mengatakan, Gus Muhaimin sapaan akrab Abdul Muhaimin Iskandar, merupakan sosok yang sangat memikirkan arah pertumbuhan kebudayaan lokal suatu daerah.

Keponakan Gus Dur dinilai sebagai sosok yang selalu konsisten dalam membuat gerakan "Nguri-uri" budaya tradisional.

Hal itu yang melatarbelakangi komunitas seni tongklek untuk menggelar kirab rakyat musik tradisonal, sebagai wujud dukungan kepada Gus Muhaimin.

"Gus Muhaimin konsisten nguri-nguri budaya tradisional. Itu jadi motivasi kita untuk memberikan dukungan maju Pilpres 2024," ujarnya kepada wartawan.

Eko yang juga sebagai Ketua Paguyuban Seni Tongklek Tuban itu berharap, jika Gus muhaimin terpilih sebagai presiden RI 2024, nanti musik tradisional di setiap daerah bisa dilestarikan sebagai warisan dan kekayaan bangsa.

Selain itu juga berharap ada festival musik tradisional Se-Indonesia.

Ia meyakini, hanya gus muhaimin yang dapat menjembatani maupun memfasilitasi aspirasi seniman.

"Saya berharap setelah Gus Muhaimin terpilih dan dilantik, maka bisa melestarikan musik tradisional dan ditetapkan sebagai warisan serta kekayaan Indonesia," pungkasnya.

Pantauan di lapangan, kegiatan ini menarik perhatian masyarakat tuban yang mengunjungi Taman Sleko.

Para pengendara motor dan mobil yang melintasi wilayah tersebut, banyak yang berhenti untuk menyaksikan dan mendokumentasikan acara.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved