Berita Kota Surabaya

Bahas Anggaran Rp 1,9 Triliun untuk Pilgub 2024, KPU dan Pemprov Jatim Berharap Tak Membengkak Lagi

Angka tersebut sebenarnya sudah menyusut dibanding estimasi awal yang disusun dan diajukan KPU sebelumnya, yaitu Rp 1,9 triliun.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Deddy Humana
surya/yusron naufal putra
Rapat pembahasan anggaran Pilgub 2024 yang digelar antara Pemprov Jatim bersama KPU Jatim. 

SURYA.CO.ID, KOTA SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim bersama Pemprov Jatim masih melakukan pembahasan terkait estimasi anggaran untuk penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Jawa Timur atau Pilgub Jatim pada 2024.

Dengan pembahasan ini, diharapkan bahwa pesta demokrasi yang dijadwalkan digulirkan dua tahun itu tidak memicu pembengkakan anggaran.

Dalam rapat terbaru, Rabu (9/3/2022) lalu, baik KPU maupun Pemprov Jatim melakukan pencermatan pada estimasi anggaran terbaru Pilgub 2024 yang disusun KPU Jatim yaitu sebesar Rp 1,195 triliun.

Angka tersebut sebenarnya sudah menyusut dibanding estimasi awal yang disusun dan diajukan KPU sebelumnya, yaitu Rp 1,9 triliun. Penyusutan seiring keluarnya Surat Keputusan (SK) Gubernur terkait komponen sharing pendanaan bersama kabupaten/kota.

"Pasca SK Gubernur terkait dana sharing, KPU Jatim mengajukan anggaran Rp 1.195.733.242.820," kata Komisioner Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozaq, Kamis (10/3/2022).

Rapat yang digelar tersebut, menurut Rozaq, bertujuan menelaah estimasi anggaran tersebut. Tujuannya mencari angka pasti terkait kebutuhan Pilgub Jatim 2024. Pembahasan sudah masuk pada uraian teknis komponen yaitu apa saja yang membutuhkan anggaran. Namun Rozaq belum bisa memastikan angka pastinya.

Secara umum, apakah anggaran bisa kembali menyusut atau tetap, semua disebut masih dalam penelahaan antara KPU Jatim dengan Pemprov. "Sampai saat ini memang belum selesai, masih proses pembahasan untuk mencari angka riil kebutuhan Pilgub Jatim 2024," jelasnya sembari menyatakan bakal ada rapat lanjutan dalam waktu dekat. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved