Berita Kediri

Polres Kediri Kota Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2022

Polres Kediri Kota menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2022 yang berlangsung di halaman Mapolres Kediri Kota

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/didik mashudi
Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi mengecek kendaraan yang digunakan Operasi Keselamatan Semeru 2022 di halaman Mapolres Kediri Kota, Selasa (1/3/2022). 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Polres Kediri Kota menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2022 yang berlangsung di halaman Mapolres Kediri Kota, Selasa (1/3/2022).

Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi bertindak selaku inspektur upacara menjelaskan, kegiatan mengusung tema “Kita tingkatkan Kesiapan dan Sinergitas Stakeholder Dalam Rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M di Tengah Pandemi Covid-19”.

Sementara dalam amanatnya Kapolda Jatim yang dibacakan AKBP Wahyudi menyampaikan, operasi digelar secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari mulai 1 - 14 Maret 2022.

“Operasi ini bersifat cipta kondisi Kamseltibcarlantas yang kondusif menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022 dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib, patuh, dan disiplin dalam berlalu lintas di tengah pandemi Covid-19,” jelasnya.

Baca juga: Odong-odong Tak Berlaku di Jalan Umum Kabupaten Tuban, Polisi Bakal Menilang Jika Melanggar

Dijelaskan, kegiatan operasi lebih mengedepankan tindakan preventif dan persuasif dalam bentuk kegiatan sosialisasi dan himbauan agar dapat menimbulkan kesadaran pengguna jalan untuk disiplin serta taat terhadap aturan dalam berlalu lintas.

Selain itu selalu berpedoman kepada protokol kesehatan dimasa Pandemi Covid-19.

Dijelaskan, Operasi Keselamatan Semeru 2022 merupakan bentuk nyata bahwa negara berupaya untuk melindungi masyarakat dari penyebaran Covid-19.

Di samping melaksanakan kegiatan dalam upaya preventif dan persuasif, namun demikian terhadap 8 pelanggaran yang dapat menimbulkan fatalilas kecelakaan lalu lintas tetap dilakukan penindakan dengan mengedepankan sikap simpatik humanis.

Baca juga: Produksi Menurun, Pengusaha Roti Bangkalan Berharap Pasokan Listrik ke Pulau Madura Segera Normal

Peran instansi terkait yang membidangi transportasi lalu lintas dan angkutan jalan sangat berpengaruh bagi tercapainya target dan tujuan operasi.

Sehingga selalu dilakukan koordinasi dan kerjasama dalam upaya mewujudkan Kamseltibcarlantas yang kondusif dan selalu berinovasi dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Selain itu mengajak dan memberikan edukasi kepada masyarakat yang belum melakukan vaksinasi, termasuk vaksinasi dosis 2 dan 3 secara humanis dan profesional, agar dapat mengikuti program vaksinasi karena masih tingginya penyebaran Covid-19 varian Omicron di Jatim.

Baca juga: 15 Hari ke Depan Polres Tulungagung Melaksanakan Operasi Keselamatan Lalin

Disampaikan tiga penekanan. Pertama, Laksanakan deteksi dini, aksi dan intervensi terhadap seluruh potensi kerawanan terkait Kamseltibcarlantas dan penyebaran Covid 19 agar pelaksanaan operasi dapat optimal dan tepat sasaran.

Kedua, laksanakan giat edukasi Kamseltibcarlantas secara inten kepada masyarakat khususnya kepada kaum milenial sehingga dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Ketiga, laksanakan koordinasi secara intens dengan instansi terkait dalam rangka kepulangan pekerja migran Indonesia yang akan masuk ke Jatim serta terapkan sosialisasi 5 M dalam akselerasi vaksinasi.

“Hindari tindakan menyimpang, jaga nama baik institusi sehingga tidak mencederai tujuan dari Operasi,” pesannya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved