Berita Malang Raya

BPCB Jatim Temukan Arca dan Batu Lingga di Candi Srigading Lawang

BPCB Jatim menemukan sebuah arca saat melakukan ekskavasi tahap kedua di Candi Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Erwin Wicaksono
Arca Agastya yang ditemukan di Candi Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Rabu (23/2/2022). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur (BPCB Jatim) menemukan sebuah arca saat melakukan ekskavasi tahap kedua di Candi Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang pada Rabu (23/2/2022).

Arca tersebut ditemukan pada sisi Selatan bangunan candi.

Arkeolog BPCB Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho menjelaskan, arca tersebut merupakan Arca Agastya yang berasal dari filosofi ajaran Hindu.

Tak hanya arca, tim juga menemukan batu Lingga yang kompatibel dengan artefak  Batu Yoni yang berada di puncak bangunan candi.

"Ekskavasi tahap kedua ini kami membuka bagian tengah. Kemudian di bagian Selatan kami
temukan Arca Agastya. Kemudian di sisi tengah kami menemukan Lingga. Secara dimensi sangat fit dengan Batu Yoni," jelas Wicaksono.

Wicaksono menjelaskan, temuan-temuan yang dikumpulkan saat ini semakin menguatkan hipotesa jika Candi Srigading adalah peninggalan Kerajaan Mataram Kuno.

"Sebelumnya kami mengkaitkan situs Srigading ini dengan Prasasti Lingga Sutan yang dikeluarkan pada masa Mpu Sindok,"

"Isinya pembebasan pajak, kami berasumsi jika candi di Srigading adalah yang dimaksud dalam isi prasasti tersebut," jelas Wicaksono.

Wicaksono memprediksi, Candi Srigading dibangun pada era abad 10 Masehi. Keyakinan candi tersebut berasal dari Mataram Kuno juga dibuktikan dengan bahan bangunan candi tersebut.

"Profil kaki, fondasi dan bahan yang digunakan kami samakan dengan Situs Pendem Kota Batu. Bahannya sama. Terdapat silika kaca juga, sama seperti di Situs Pendem. Di akhir ekskavasi kami berharap menampakkan profil dari Candi Srigading ini," tutup Wicaksono.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved