Berita Surabaya

Fasilitas Wifi PJJ Belum Sentuh Tingkat RT, Dewan Dorong Pemkot Surabaya Pengadaan Wifi

Akses Wifi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), ternyata masih baru menjangkau tingkat Rukun Warga (RW) dan belum sampai di tingkat Rukun Tetangga (RT).

surya.co.id/ahmad zaimul haq
Sejumlah anak-anak menikmati fasilitas komputer dan wifi gratis di Bison (Bis Online) Universitas Dinamika di Kantor Kecamatan Rungkut, Selasa (11/8/2020). 

SURYA.CO.ID|SURABAYA - Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya, Anas Karno, menemukan Akses Wifi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), ternyata masih baru menjangkau tingkat Rukun Warga (RW) dan belum sampai di tingkat Rukun Tetangga (RT).

Hal tersebut diungkap saat Politisi PDIP tersebut menggelar reses di Kelurahan Menur, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Dirinya dikeluhkan warga yang mengeluh saat anaknya PJJ karena kesulitan kuota internet.

"Program tersebut dari Pemkot melalui Diskominfo Kota Surabaya, masih di tingkat RW. Kebetulan saya melihat ada Ketua RT setempat secara sukarela menyediakan tempat bagi anak anak belajar, menyediakan sarana prasarana laptop dan modem termasuk kuotanya," ujarnya, Sabtu (19/2/2022).

Artinya, lanjut Anas, inisiatif tersebut perlu diapresiasi. Menurutnya, jika dilihat dari manfaat akses wifi sangat mendukung sekali bagi siswa siswi.

"Keberadaan wifi ini perlu di gunakan sebaik mungkin untuk kebutuhan masyarakat sehingga dapat bermanfaat dan digunakan secara maksimal,” kata Anas.

Dirinya menyatakan, apabila ada prioritas seperti ini memang perlu di handle dan disupport langsung oleh pemerintah sekitar, supaya bisa berkoordinasi langsung dengan Kominfo.

"Kalau saya lihat Ketua RT betul betul melayani langsung warga. Ini sangat penting sekali ditengah pandemi Covid 19. Mengingat, Kota Surabaya sekarang PPKM level 3," ucapnya.

Dirinya berharap, Kota Pahlawan tidak menerapkan PPKM Level diatasnya lantaran berimbas terhadap laju perekonomian tetap berjalan dan kegiatan belajar mengajar.

"Apa yang dilakukan Ketua RT itu menjadi pilot project RT lain. Karena jaringan koneksi internet antara RW dan RT jauh, ini perlu diapresiasi sebagai upaya melayani langsung warganya," ungkapnya.

"Pemkot Surabaya bisa membantu pengadaan wifi di tingkat RT. Mudah-mudahan respons cepat dari pemerintah setempat bisa mewujudkan keberadaan wifi di RT. Setidaknya dibantu dalam kuota internetnya,” tuntasnya.

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved