Berita Sidoarjo

Percantik Kota, Pemkab Sidoarjo Sayembarakan Desain Perempatan Babalayar

Pemkab Sidoarjo menantang para desainer, arsitek dan sebagainya untuk berlomba dalam pembuatan desain Perempatan Babalayar.

Penulis: M Taufik | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/M Taufik
Perempatan Babalayar yang bakal dijadikan ikon baru Kota Sidoarjo. 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Pemkab Sidoarjo sedang berupaya membangun sejumlah ikon baru untuk mempercantik Kota Sidoarjo. Salah satunya adalah rencana pembangunan Perempatan Babalayar.

Dalam upayanya ini, Pemkab Sidoarjo membuka sayembara. Menantang para desainer, arsitek dan sebagainya untuk berlomba dalam pembuatan desain perempatan di dekat Ramayana tersebut.

“Desain arsitekturnya akan melibatkan partisipasi publik. Kami gelar sayembara,” kata Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor, Selasa (15/2/2022).

Menurutnya, Perempatan Babalayar itu bagian dari wajah kota Sidoarjo. Meski tempatnya sangat strategis, selama ini ternyata belum mendapat sentuhan penataan kota.

"Perempatan ini ada di jantung Kota Sidoarjo. Harus menjadi oase arsitektural kota di tengah pesatnya aktivitas warga. Tidak seperti sekarang, kelihatan tak tersentuh sama sekali," ujarnya.

Menurut Gus Muhdlor, selama ini Sidoarjo memang masih minim tempat-tempat ikonik. Padahal landmark alias tetenger adalah elemen penting untuk membantu orang mengorientasikan diri di dalam kotanya.

“Nantinya di perempatan itu, penataannya kami bikin terintegrasi. Artinya bukan hanya landmark baru, tetapi sekitarnya juga harus ditata. Juga harus semakin bersih,” jelas Muhdlor.

Desain landmark anyar itu akan dilombakan oleh Pemkab Sidoarjo. Semua arsitek atau pegiat desain diperbolehkan ikut. Jurinya pun akan melibatkan sejumlah arsitek ternama.

“Yang jelas dalam waktu dekat, karena sudah kami siapkan anggaran pembangunannya," lanjut Gus Muhdlor.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Bahrul Amig sebelumnya sudah rapat koordinasi dengan instansi terkait termasuk Polresta Sidoarjo dan Kodim 0816 untuk membahas penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Pelibatan instansi kepolisian dan TNI itu bagian dari kerja kolaboratif bersama jajaran Forkopimda Sidoarjo dalam melakukan penataan kota.

"Betul, tahun ini akan ada pembangunan landmark atau ikon di Perempatan Babalayar. Kemarin sudah kami rapatkan di Kantor DLHK," ujar Amig.

Kapan dimulai pembangunannya? menurut Amig tinggal menunggu desain jadi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved