Berita Lamongan

Dari Tanah Leluhur Gajah Mada, Dukungan Kepada Cak Imin untuk Capres 2024 juga Dideklarasikan

lantaran Muhaimin dinilai memiliki kapasitas dan komitmen menjaga dan melestarikan warisan budaya di Nusantara.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Pegiat Budaya Pewaris Nusantara (Perkasa) se-Kabupaten Lamongan mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin sebagai calon presiden di 2024, Rabu (2/2/2022). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Kegiatan dukung mendukung para calon presiden (capres) untuk pesta demokrasi yang baru dimulai dua tahun ke depan, kembali muncul. Setelah sebelumnya diproklamirkan di Surabaya, dukungan kepada Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk menjadi capres, juga dideklarasikan di Lamongan, tepatnya di tanah leluhur Gajah Mada, Rabu (2/2/2022).

Deklarasi mendukung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu dilakukan para Pegiat Budaya Pewaris Nusantara (Perkasa) se-Kabupaten Lamongan. Deklarasi dukungan tersebut digelar Perkasa atas inisiatif mandiri di puncak Gunung Ratu, Kecamatan Ngimbang, Lamongan.

Koordinator Perkasa, Edi Purwanto menyampaikan, deklarasi dukungan itu digelar lantaran Muhaimin dinilai memiliki kapasitas dan komitmen menjaga dan melestarikan warisan budaya di Nusantara.

"Deklarasi ini murni atas inisiatif Perkasa, karena Cak Imin kami anggap mampu untuk mengemban amanah serta punya komitmen untuk mengembangkan warisan budaya di Indonesia," kata Edi.

Menurutnya, lokasi makam ibunda dari Mahapatih Gajah Mada itu dipilih sebagai tonggak awal mendeklarasikan Cak Imin atau Gus Muhaimin sebagai capres 2024. Ini berdasarkan pertimbangan nilai kesejarahan dan semangat perjuangan yang diserap dari mahapatih Kerajaan Majapahit, Gajah Mada.

"Deklarasi sengaja digelar di tempat ini, agar Nusantara tahu bahwa di sinilah awal mula semangat juang menaklukkan Nusantara zaman itu dimulai," ungkap Edi.

Menurutnya, Cak Imin mampu memperkuat persatuan dan kesatuan Indonesia tanpa membedakan suku, ras dan agama. Seperti halnya Patih Gajah Mada yang pernah bersumpah untuk menaklukkan bumi Nusantara dengan amukti Palapa-nya.

Di Makam Dewi Andong Sari yang berada di Puncak Gunung Ratu ini, Gajah Mada sang deklarator Sumpah Palapa yang menyatukan bumi Nusantara, dilahirkan dan dibesarkan. Perkasa perlu melakukan napak tilas guna meminta restu untuk mengusung Cak Imin pada Pilpres 2024.

Deklarasi dukungan untuk Cak Imin juga dirangkai dengan sejumlah kegiatan, di antaranya ruwat budaya, doa bersama, dan pemotongan tumpeng. "Semua kami persembahkan untuk Calon Presiden kita, Gus Muhaimin Iskandar," pungkasnya. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved