Berita Surabaya

Bayu Airlangga Jadi Calon Ketua Demokrat Jatim : Siap Besarkan Partai di Jawa Timur

Anggota DPRD Jatim yang memperoleh 25 dukungan DPC itu terus bersiap mengikuti tahapan fit and proper test di DPP Partai Demokrat.

tribun jatim/yusron naufal
Bayu Airlangga, calon Ketua DPD Partai Demokrat Jatim saat ditemui seusai penutupan Musda pada Kamis (20/1/2022) malam. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Bayu Airlangga, calon ketua DPD Partai Demokrat Jatim menyatakan bersyukur gelaran Musda yang berlangsung di Surabaya berjalan solid.

Anggota DPRD Jatim yang memperoleh 25 dukungan DPC sebagai pemilik suara itu, kini mengaku terus bersiap mengikuti tahapan fit and proper test di DPP Partai Demokrat.

"Alhamdulillah, dukungan kita 25 DPC," kata Bayu saat ditemui seusai penutupan Musda, Kamis (20/1/2022) malam.

Bayu yang sebelumnya menjadi Plt Sekretaris DPD dan dikenal sebagai menantu mantan Gubernur dan mantan Ketua Demokrat Jatim, Soekarwo itu sejak awal memang telah didorong banyak DPC.

Dukungan kepada Bayu itu lantas menjadi modal untuk ditetapkan menjadi calon ketua dalam proses Musda dan saat ini namanya diusulkan ke DPP.

Bayu yang Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim itu saat ini bersaing dengan Emil Elestianto Dardak yang juga menjadi calon ketua dan diusulkan ke DPP Partai.

Keduanya akan bersaing lewat mekanisme fit and proper test di Jakarta pekan depan dengan dilakukan langsung oleh tim tiga yang terdiri dari Ketua Umum, Sekjen dan BPOKK.

Menurut Bayu, pihaknya telah memiliki visi misi untuk disampaikan dan meyakinkan DPP dalam proses fit and proper test.

Sekalipun Bayu enggan membeberkan secara rinci saat ini, namun dia memastikan target untuk terus membesarkan partai Demokrat di Jawa Timur.

"Kekuatan bersama kita ini untuk membesarkan partai, yang pasti itu," terangnya.

Disisi lain, Bayu juga mengajak saat ini sudah tidak ada lagi kubu pendukung satu sama lain. Bahkan, Bayu menyatakan siap merangkul semua unsur di DPD Partai Demokrat Jawa Timur.

"Ini proses Musda, lima tahunan yang biasa kita lakukan," tuntasnya.

Untuk diketahui, forum Musyawarah Daerah (Musda) Partai Demokrat Jatim resmi mengusulkan dua nama calon ketua kepada DPP.

Keduanya adalah Emil Elestianto Dardak dan Bayu Airlangga.

Dua nama tersebut memenuhi persyaratan 20 persen dukungan pemilik suara dan telah dinyatakan sah pada forum Musda yang berlangsung di Surabaya.

Nantinya baik Emil maupun Bayu bakal menjalani tahapan fit and proper test di DPP partai.

"Dua nama calon akan dikirimkan ke DPP Partai Demokrat untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu tahapan fit and proper test yang salah satunya akan ditetapkan sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur," kata Kepala BPOKK Herman Khaeron, Kamis (20/1/2022) malam.

BACA BERITA SURABAYA LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved