Cara Dapat Set Top Box (STB) Gratis dari Pemerintah, Beserta Jadwal dan Alur Pembagiannya

Berikut ini cara mendapatkan Set Top Box ( STB) gratis dari pemerintah, beserta jadwal dan alur pembagiannya. 

Penulis: Arum Puspita | Editor: Iksan Fauzi
Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital, Kemenkominfo
Ilustrasi STB TV digital. 

SURYA.CO.ID - Berikut ini cara mendapatkan Set Top Box ( STB) gratis dari pemerintah, beserta jadwal dan alur pembagiannya. 

Diketahui, pemerintah resmi mengumumkan jadwal pembagian STB gratis untuk masyarakat. 

Sebagaimana disampaikan Menteri Komunikasi dan informatika Johnny G Plate, rencananya program ini akan dimulai pada 30 April hingga 2 November 2022 mendatang.

Saat ini setidaknya sudah ada 3,2 juta STB yang siap dibagikan pada pelaksanaan ASO tahap pertama.

“Mengenai set top box, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, sebelum tahapan satu itu sudah dilakukan pembagian," jelas Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia, dikutip dari Tribunnews.com.

STB ini nantinya akan dibagiakan kepada 6,7 juta masyarakat miskin yang membutuhkan di 341 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia.

Dalam pendistribusiannya ke masyarakat Kominfo akan menggandeng PT Pos Indonesia dan beberapa perusahan kurir.

Sebagai informasi, STB ini berasal dari komitmen penyelenggara multipleksing dalam peraturan perundang-undangan. Sejauh ini sudah ada 4 juta unit STB telah terkumpul dari penyelenggara multipleksing.

Sementara 3 juta unit lainnya akan diberikan pemerintah melalui pembiayaan APBN TA 2022. Namun sayangnya saat ini, baru tersedia 1 juta unit lantaran adanya keterbatasan fiskal.

Kominfo menjamin dalam pendistribusiannya nanti, SRTB gratis akan ditujukan pada keluarga yang tidak mampu membeli perangkat tambahan sehingga mereka bisa menyaksikan siaran digital.

Syarat dan Cara Daftar STB gratis

Sebelumnya, Johnny Gerard Plate mengatakan, penyediaan alat bantu penerima siaran (STB) kepada rumah tangga miskin sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2021 Pasal 85 ayat 1.

“Untuk itu, kami bersama-sama dengan Komisi I DPR RI serta Badan Anggaran telah menyetujui untuk tahun 2021 dialokasikan sebagian dari kebutuhan STB,” tutur Johnny, dikutip dari Kompas.com.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi menjelaskan, sesuai pasal 85 PP Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran, pemerintah akan membantu menyiapkan mekanisme distribusi alat bantu Set Top Box kepada rumah tangga miskin.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved