Virus Corona di Indonesia

Waspada Februari - Maret, Puncak Omicron di Indonesia, Simak Penjelasan Luhut Binsar

Menurut Luhut, kemungkinan gelombang Covid-19 varian Omicron akan mencapai puncaknya pada pertengahan Februari sampai awal Maret 2022.

Editor: Suyanto
Foto Istimewa Humas Pemkot Malang
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat mengunjungi penghuni Isolasi Terpadu (Isoter) yang sedang menjalani isolasi mandiri di Safe House Jl. Kawi Kota Malang, Jumat (13/8/2021). 

SURYA.co.id I JAKARTA - Puncak gelombang penyerabaran virus corona varian Omicron di Indonesia diperkirakan akan terjadi Februari hingga Maret 2022 mendatang.

Prediksi itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Menurut Luhut, kemungkinan gelombang Covid-19 varian Omicron akan mencapai puncaknya pada pertengahan Februari sampai awal Maret 2022.

ILUSTRASI OMICRON
ILUSTRASI OMICRON (kompas.com)

Luhut mengatakan hal itu berkaca pada penularan yang terjadi di sejumlah wilayah di negara lain seperti Afrika Selatan.

"Inggris dan Afrika Selatan telah lewati puncak kasus Omicron dan juga negara lian sudah mulai terlihat tanda-tanda flatening seperti di Amerika Serikat dan Perancis," kata Luhut Luhut saat menyampaikan Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara virtual, Minggu (16/1/2022).

Baca juga: Gadis Madiun Terpapar Omicron, Bermula Sepulang dari Hongkong, Ini Sosoknya

"Tapi beberapa negara di Asia seperti di India, Thailand dan Filipina masih terjadi peningkatan kasus yang cukup tinggi. Beberapa yang kami amati, berangkat seperti kasus Covid-19 di Afsel, puncak gelombang omicron ini berada di pertengahan Februari hingga awal Maret ini,” ucap dia.
Walaupun memiliki gejala yang lebih ringan dan risiko perawatan rumah sakit atau hospitalisasi yang lebih rendah, Luhut mengatakan jumlah kasus yang terjadi lebih tinggi dibandingkan varian delta.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa doakan pasien Covid-19 varian omicron segera negatif di kantor BPBD Jatim, Senin (3/1/2022).
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa doakan pasien Covid-19 varian omicron segera negatif di kantor BPBD Jatim, Senin (3/1/2022). (fatimatuz zahro/surya.co.id)

Baca juga: Pemprov Jatim Deteksi 7 Kasus Baru Omicron, Masyarakat Diharap Waspada dan Tidak Panik

Itu juga, dilanjutkan Luhut, yang terjadi di Inggris, di mana tingkat perawatan di rumah sakit dan tingkat kematian lebih banyak dibandingkan varian delta.

“Ini yang harus kita hindari,” kata Luhut.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Luhut Prediksi Puncak Varian Omicron di Indonesia Terjadi pada Februari hingga Maret 2022,

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved