Breaking News:

Suara Wagub AAL Bergetar saat Bacakan Amanat Hari Dharma Samudera Tahun 2022

Peringatan Hari Dharma Samudera merupakan momentum untuk mengenang kepahlawanan pejuang-pejuang samudera

Foto Istimewa
Upacara Hari Dharma Samudera Tahun 2022, Sabtu (15/1/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Di tengah-tengah membacakan naskah amanat saat upacara Hari Dharma Samudera Tahun 2022, Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara sempat terdiam sejenak dan berkata: "Sersan KKO Usman dan Kopral KKO . . . Sersan KKO Usman dan Kopral KKO Harun, tersenyum bahagia meski gugur di Tiang Gantungan Singapura, menjadi syuhada untuk negara. Prajurit KRI Nanggala. Tabah dalam patroli selamanya, gugur saat menjalankan tugas negara.”

Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara itu mewakili Gubernur AAL, Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah memimpin upacara Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2022 di Depan Gedung Rinjani, Monumen Yos Sudarso, Kesatriaan AAL, Bumimoro, Surabaya pada Sabtu (15/1/2022) yang diikuti oleh kurang lebih 200 Personil gabungan dari Taruna dan Antap (anggota tetap) AAL.

Peringatan Hari Dharma Samudera merupakan momentum untuk mengenang kepahlawanan pejuang-pejuang samudera yang telah mendharmabaktikan hidupnya demi kejayaan bangsa dan negara.

Sejarah panjang perjuangan bangsa telah membentuk dan melahirkan semangat patriotisme, semangat cinta kepada bangsa dan negara melampaui kecintaan kepada dirinya sendiri, ini terbukti saat Wagub AAL Laksma TNI Rudhi Aviantara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

"Tidak akan lekang dari catatan sejarah bangsa Indonesia, Kapten Markadi dengan perahu cadik, tak gentar, melawan patroli Belanda di Selat Bali, mencegah penjajah berkuasa kembali. Letnan Samadikun…menantang korvet dan destroyer Belanda di Teluk Cirebon, demi mempertahankan kedaulatan negara yang telah merdeka," ucap Wagub AAL.

Contoh sifat kepahlawanan dari mereka Sang Pahlawan Samudera; yang tidak pernah takut karena membela kebenaran, yang berani menderita untuk cita-cita mulia, yang rela berkorban jiwa raga demi bangsa dan negara, yang pantang menyerah karena keyakinan kepada sang pencipta.

Dengan meneladani nilai-nilai patriotisme, heroisme,serta kepemimpinan. Wagub AAL mengatakan dari Sambutan Kasal, “Kapanpun Tugas Negara Memanggil, Akan Kita Pertaruhkan Jiwa dan Raga Di Bawah Panji Merah Putih”. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved