Breaking News:

Berita Surabaya

Peringati Hari Dharma Samudera, Kenang Gugurnya Prajurit KRI Nanggala 402

Upacara Tabur Bunga dilaksanakan di Selat Madura ditandai dengan melarung karangan bunga dari atas kapal

Foto Istimewa TNI AL
Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono Hanggar Heli KRI dr. Wahidin Sudirohusodo 991, Sabtu (15/1/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin jalannya Upacara Tabur Bunga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera yang digelar di Hanggar Heli KRI dr. Wahidin Sudirohusodo 991, Sabtu (15/1/2022).

Upacara Tabur Bunga dilaksanakan di Selat Madura ditandai dengan melarung karangan bunga dari atas kapal, diikuti tabur bunga oleh para undangan.

Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, upacara tersebut diperingati setiap 15 Januari, di mana pada tahun 1962 terjadi pertempuran di laut Arafuru.

Sang putra terbaik Komodor Yos Sudarso gugur bersama ABK Macan Tutul.

"Ini tonggak sejarah dengan pertempuran lainnya, jadi tidak hanya pertempuran di Laut Arafuru saja tapi juga pertempuran lain yang tadi saya sampaikan sampai pada pertempuran gugurnya prajurit marinir kita, Usman Harun yang diperingati hari ini," ujarnya usai acara.

Baca juga: Truk Pengangkut Tebu yang Alami Rem Blong di Silo Kabupaten Jember Belum Dipindahkan

Selain menghormati dan menghargai jasa pahlawan, khususnya pahlawan laut, acara ini juga mengenang gugurnya prajurit KRI Nanggala 402.

Laksamana TNI Yudo menghargai perjuangan prajurit dan mengorbankan diri bersama kapal selam yang gugur pada April lalu.

"Untuk menumbuhkan semangat prajurit sejak dulu pendahulu kita telah berkorban dan jadi suri tauladan untuk menegakkan kedaulatan dan korban jiwa raga melawan penjajah demi Indonesia," ucapnya.

"Kalau sekarang menegakkan kedaulatan hukum, khususnya prajurit laut fokus pada situasi damai sekarang ini," tutupnya.

Di samping dihadiri sejumlah pejabat tinggi Mabes AL, juga dihadiri oleh Forkopimda Jawa Timur dan Atase Pertahanan Negara Sahabat.

BACA BERITA SURABAYA LAINNYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved