Breaking News:

Berita Surabaya

Pasien Covid-19 Varian Omicron di Surabaya Jadi Empat Orang, Disebut Baru Pulang dari Jakarta

Untuk antisipasi puncak varian Omicron yang diprediksi akan terjadi pada awal Februari mendatang, Pemkot Surabaya menyiagakan sejumlah rumah sakit.

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi booster (dosis ketiga) di Kecamatan Wonokromo beberapa waktu lalu. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemkot Surabaya menjelaskan saat ini ada 4 pasien Covid-19 varian Omicron di Kota Pahlawan. Seluruh pasien ini baru pulang dari luar kota.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan Institute of Tropical Disease (ITD) Unair Jumat (14/1/2022) kemarin, ada 4 pasien Omicron. Mereka baru melakukan perjalanan dari Jakarta,” kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Sabtu (15/1/2022).

Oleh karenanya, keempat pasien tersebut langsung menjalani karantina. Pasien ini disebut masuk kategori tanpa gejala.

“Tapi meskipun Omicron, CT Value nya tinggi dan mereka dalam keadaan OTG (Orang Tanpa Gejala). Insya Allah dalam beberapa hari ke depan juga bisa segera negatif,” kata Cak Eri.

Sebagai langkah preventif, Pemkot Surabaya melalui Dinas Kesehatan langsung melakukan tracing kepada keluarga dan tetangga sekitar pasien tersebut. Hasilnya, seluruh keluarga dan tetangga terdekat dinyatakan negatif.

“Mereka ada kegiatan di Jakarta dan beberapa hari tinggal di sana. Tapi, mereka tidak satu keluarga,” jelasnya.

Meski demikian, Cak Eri berharap kepada seluruh warga yang telah melakukan perjalanan dari luar Kota Surabaya, untuk segera melakukan tes. Sehingga, mengetahui kondisi kesehatannya masing-masing.

“Alhamdulilah di Surabaya ini masih bisa dikendalikan. Artinya, yang terpapar adalah orang yang baru melakukan perjalanan luar kota dan bukan warga yang berada di lingkup Surabaya," ujarnya.

"Saya berharap, warga Surabaya tetap tenang. Insya Allah penanganan itu kami lakukan dengan imun alami kita dan tetap menjaga protokol kesehatan sehingga bisa terhindar,” imbau Cak Eri.

Di luar itu, dua pasien positif Covid-19 yang sebelumnya terdiagnosa terpapar varian Omicron, 2 Januari lalu telah sembuh. Kasus Omicron pertama di Surabaya ini sebelumnya diketahui baru datang dari Bali.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved