Breaking News:

Berita Madiun

Gadis Madiun Terpapar Omicron, Bermula Sepulang dari Hongkong, Ini Sosoknya

Perempuan usia 25 tahun ini telah dirawat dan karantina di RSUD Dolopo Madiun sejak Jumat (7/1/2022) lalu.

Editor: Suyanto
fatimatuz zahro/surya.co.id
ILUSTRASI - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa doakan pasien Covid-19 varian omicron segera negatif di kantor BPBD Jatim, Senin (3/1/2022). 

SURYA.co. id I MADIUN -  Seorang gadis di Madiun positif terjangkit Covid-19 varian Omicron. Perempuan usia 25 tahun ini telah dirawat dan karantina di RSUD Dolopo Madiun sejak Jumat (7/1/2022) lalu.

Menurut Direktur RSUD Dolopo dr Purnomo Hadi, satu pasien diduga terpapar Covid-19 varian Omicron itu berinisial S.
“Ada satu nona berinisial S warga Kabupaten Madiun terindikasi dia positif Covid-19 dari tes PCR. Setelah dilakukan pemeriksaan berkelanjutan di Lab Unair Surabaya ini mengarah pada varian Omicron,” kata Purnomo saat dikonfirmasi, Jumat (14/1/2022).

Gadis berisial S itu, berasal asal Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Ia baru pulang dari Hongkong.
Dia berada di Hongkong sebagai sebagai pekerja migran.

Purnomo menuturkan, S diketahui positif Covid-19 setelah menjalani tes antigen di salah satu puskesmas sepekan lalu. Perempuan itu diwajibkan menjalani tes bebas Covid-19 karena akan menggelar hajatan.

Setelah dinyatakan reaktif berdasarkan tes cepat antigen, S dirujuk ke RSUD Dolopo. S lalu menjalani pemeriksaan tes usap PCR dan dinyatakan positif Covid-19.

Hasil pemeriksaan itu dibawa ke Laboratorium Unair Surabaya, hasilnya mengarah kepada varian Omicron. Purnomo sengaja membawa sampel itu ke Laboratorium Unair karena pasien tersebut memiliki CT Value rendah, di angka 24. Selain itu, perempuan itu juga baru pulang dari luar negeri.

Meski begitu, untuk memastikan pasien itu terkonfirmasi positif Omicron, harus ada pemeriksaan lanjutan dari Kementerian Kesehatan. Sat ini, pasien itu dalam kondisi sehat. Pasien itu ditempatkan di ruang isolasi khusus.

“Pasien ini kondisinya bagus dan tidak bergejala,” jelas Purnomo.

Jangan Panik Purnomo meminta warga tidak panik dengan temuan satu pasien diduga terpapar Omicron. Pasalnya aneka varian Covid-19 dari Delta hingga Omicron tidak bisa dihindari. Apalagi saat ini varian Omicron penyebaran sudah terjadi di berbagai negara di dunia. Tak hanya itu, daya tular Omicron lebih masif dari varian lain. Hanya saja daya serang ke organ tubuh manusia sifatnya rendah bagi warga yang sudah divaksin.

“Omicron ini tidak bisa dihindari. Penularannya sangat kuat. Bahwa penularan lima kali daripada varian lain,” ujar Purnomo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pulang dari Hongkong, Seorang Pekerja Migran Asal Madiun Diduga Terpapar Varian Omicron",

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved