Breaking News:

Berita Lamongan

Banyak PJU Padam di Lamongan, Dishub Belum Bisa Maksimal Perbaiki, Ini Kendalanya

Puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang mati alias padam, hingga kini belum terjamah perbaikan.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Hanif Mashuri
Kepala Dinas Perhubungan Lamongan, Heru Widi. 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Keterbatasan dana akibat adanya kebijakan refocusing anggaran oleh Pemerintah Pusat berdampak pembangunan infrastruktur, termasuk di daerah Lamongan.

Bahkan akibat dua kali kebijakan pemberlakukan refocusing, puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang mati alias padam, hingga kini belum terjamah perbaikan.

Dinas Perhubungan (Dishub) yang harus bertanggungjawab, tidak juga melakukan perbaikan PJU di sejumlah ruas jalan yang mati.

Kepala Dinas Perhubungan Lamongan, Heru Widi saat dikonfirmasi wartawan mengakui adanya PJU di sejumlah titik jalan yang padam.

Selain keterbatasan anggaran, juga jumlah tenaga menjadi hambatan dalam memaksimalkan PJU di kawasan Lamongan.

"Jumlah tenaga kami dan jangkauan terbatas. Karena untuk menangani 9 kecamatan, kami hanya ada 3 orang tenaga," ujar Heru, Sabtu (15/1/2022).

Selain terbatasnya tenaga, Heru mengatakan, bahwa untuk memenuhi kebutuhan PJU di Kabupaten Lamongan, anggaran yang dialokasikan pun masih kurang mencukupi.

"Anggarannya tinggal separuh jika dibanding tahun sebelumnya," katanya

Meski begitu, Heru menjelaskan, ke depan pihaknya berupaya untuk mencukupi SDM, serta memohon kelengkapan sarana prasarana dan fasilitas penunjang lainnya.

Terutama, penambahan alokasi anggaran pada dinas yang ia pimpin. Diaku Heru, pihaknya tidak bisa menangani tuntas beberapa poin yang sudah terencana karena adanya kebijakan refocusing anggaran untuk kepentingan penanganan Covid-19.

Dishub kini fokus pada pelayanan masyarakat, dan skala prioritas termasuk perbaikan PJU yang diperbaiki secara bertahap

Pemasangan dan perawatan penerangan jalan di sejumlah titik yang ada di Kabupaten Lamongan dilakukan bertahap.

Meski ada keterbatasan anggaran, Dishub tetap berusaha maksimal melaksanakan tugas dan tanggungjawab. Pihaknya optimis semua permasalahan yang muncul itu akan tertangani.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved