Breaking News:

Berita Surabaya

Bagaimana Kabar Rencana Pembangunan Trem Hingga ART di Surabaya, Begini Jawaban Pihak Dishub

Dishub Surabaya tak menampik kemungkinan menyiapkan transportasi massal berbasis rel di pusat kota.

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Habibur Rohman
Bus Trans Semanggi Surabaya dengan sistem buy the service diluncurkan di halaman Balai Kota Surabaya pada Rabu (29/12/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya tak menampik kemungkinan menyiapkan transportasi massal berbasis rel di pusat kota. Sekalipun demikian, Dishub hingga kini masih mematangkan sejumlah kajian, termasuk soal kebutuhan dana yang digunakan.

"Tidak bisa dipungkiri, kalau berbasis rel, butuh investasi tinggi. Sedangkan kalau transportasi di jalan, saat ini sudah ada dan tinggal mengembangkan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Tundjung Iswandaru, Sabtu (15/1/2022).

Bagi pihaknya, baik berbasis jalan maupun rel merupakan transportasi umum yang sama-sama memiliki kelebihan.

"Sebenarnya, sama saja," katanya.

Untuk diketahui, sejak lama pemerintah berkali-kali mewacanakan pembangunan transportasi berbasis rel di pusat Kota Surabaya. Baik oleh pemerintah pusat, provinsi, hingga daerah.

Mulai dari LRT, Trem, hingga wacana terbaru yang disampaikan tahun lalu, Autonomous Rail Rapid Transit (ART). Namun hingga saat ini, belum ada titik terang terkait pembangunan tersebut.

Tundjung menegaskan, bahwa pihaknya memilih fokus mengembangkan sarana yang sudah ada. Baik Suroboyo Bus, BTS Trans Semanggi Suroboyo, angkot hingga feeder (pengumpan).

Warga dari masing-masing tempat tinggal akan dijangkau feeder. Yang mana, pemkot sedang menyiapkan 36 kendaraan baru sebagai feeder.

Kemudian, feeder ber-AC ini akan menghubungkan penumpang dari tempat tinggal dengan halte yang terintegrasi Suroboyo Bus maupun BTS.

"Pemerintah Kota melakukan pembenahan di jalan terlebih dahulu," katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved