Breaking News:

Berita Surabaya

Petani di Karangpilang Surabaya Tanam Beras Merah, Semusim Panen 1,2 Ton

Petani di Kecamatan Karangpilang, Surabaya, sukses memanen 1,2 ton gabah beras merah.

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
Sejumlah petani di Kecamatan Karangpilang Surabaya sukses mengembangkan komoditi beras merah. Mereka memanen 1,2 ton gabah, Jumat (14/1/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Sejumlah petani di Kecamatan Karangpilang, Surabaya, sukses mengembangkan komoditi beras merah. Dalam satu kali tanam, mereka sukses memanen 1,2 ton gabah beras merah.

Program penanaman beras merah digagas Pemkot Surabaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Selain itu, juga memastikan ketahanan pangan di Kota Pahlawan.

"Ini merupakan program yang digagas Pak Wali Kota (Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi). Beliau ingin ekonomi warga Surabaya bisa meningkat," kata Camat Karangpilang, Febriadhitya Prajatara di sela acara panen raya, Jumat (14/1/2022).

Komoditas beras merah dipilih, karena belum banyak petani yang mengembangkan ini. Juga, kandungan gizi hingga harga yang lebih tinggi dibandingkan beras putih.

"Di bidang pertanian, rata-rata menanam beras putih. Nah untuk meningkatkan produktivitas, yang ditanam beras merah. Ke depan, pemkot juga akan mengembangkan beras hitam," katanya.

Untuk diketahui, beras merah dianggap sebagai salah satu jenis beras yang paling bernutrisi, karena proses produksinya tanpa pembuangan kulit. Beras merah mengandung protein, lemak, serat hingga karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan beras putih.

Sehingga, ini bisa untuk pemenuhan gizi masyarakat Surabaya. Termasuk, bagi antisipasi bayi stunting yang saat ini juga tengah digalakan Pemerintah Kota Surabaya.

Untuk mengembangkan proyek ini, pemkot memilih Kecamatan Karangpilang di tahap awal. Menurutnya, tidak semua lahan di Kota Pahlawan bisa untuk menanam beras merah.

Selain itu, petani di Kelurahan Kedurus juga telah mencoba mengembangkan beras ini dan dinyatakan berhasil.

"Kedurus menjadi salah satu percontohan," kata Febri.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved