Breaking News:

Berita Situbondo

Perahu Terbalik Dihantam Ombak di Laut Situbondo, 15 Nelayan Berjatuhan ke Laut

berusaha menyelamat diri dengan memegang perahunya yang sudah terbalik serta benda benda lainya yang bisa dipakai menyelamatkan diri.

Penulis: Izi Hartono | Editor: Deddy Humana
surya/izi hartono
Petugas BPBD Situbondo menunggu 15 nelayan dievakuasi setelah perahunya tenggelam dihantam ombak, Jumat (14/1/2022). 

SURYA.CO.ID, SITUBONDO - Perubahan cuaca yang ekstrem perairan laut Situbondo membawa petaka pada perahu nelayan slerek yang tenggelam akibat diterjang ombak tinggi. Kecelakaan laut itu terjadi di perairan laut Mimbo, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Jumat(14/01/2022) pagi.

Saat perahunya terbalik setelah dihantam ombak, sebanyak 15 orang nelayan di atasnya terpaksa terjun ke laut. Namun tidak ada korban jiwa dalam insiden perahu motor " Rampok Jaya" milik Masirun (57) itu.

Ke-15 nelayan yang berjatuhan ke laut itu terdiri dari nahkoda dan anak buah kapal (ABK) dan mereka selamat karena berpegangan pada perahunya yang terbalik.

Kepala Pelaksana BPBD Situbondo, Zainul Arifin membenarkan tenggelamnya perahu nelayan di Dusun Mimbo itu. "Benar, tetapi semua nelayan yang ikut melaut selamat," ujar Zainul.

Menurut Zainul, saat itu perahu slerek sedang berlayar menuju titik pencarian ikan di perairan laut Utara, namun tiba-tiba cuaca berubah ektsrem. Selain gelombang tinggi, hembusan angin sangat kencang.

"Sehingga ketika diterjang gelombang besar, perahunya hilang kendali dan oleng serta air mulai masuk ke dalam perahu," terang Zainul.

Para nelayan mulai panik, berusaha menyelamat diri dengan memegang perahunya yang sudah terbalik serta benda benda lainya yang bisa dipakai menyelamatkan diri. "Perahu itu tenggelam sekitar pukul 05.00 WIB, " kata Zainul.

Untungnya, lanjut Zainul, setelah badai mereda ada perahu lain yang melintas dan menyelamatkan ke-15 nelayan yang terombang ambing di laut itu. Selanjutnya, belasan nelayan yang dievakuasi ke pinggir pantai itu, menceritakan kejadiannya. "Untuk perahunya tenggelam, kerugian yang dialami pemilik perahu sebesar Rp 250 juta." pungkasnya. ***

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved