Breaking News:

Doa Mandi Sebelum Sholat Jumat Beserta Tata Cara dan Keutamaan Menurut Hadist

Berikut ini doa mandi sebelum Sholat Jumat, beserta tata cara dan keutamaannya menurut hadist. 

Penulis: Arum Puspita | Editor: Iksan Fauzi
SURYA.CO.ID/ISTIMEWA
Ilustrasi - mandi sunnah sebelum sholat jumat 

SURYA.CO.ID - Berikut ini doa mandi sebelum Sholat Jumat, beserta tata cara dan keutamaannya menurut hadist. 

Mandi di hari Jumat hukumnya sunnah sebagaimana hadits, Ibnu Umar RA.

وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - ، قَالَ : (( إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمُ الجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Artinya: "Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian mendatangi shalat Jumat, maka hendaklah ia mandi." (HR Bukhori dan Muslim).

Pada hadist lain, riwayat Ibnu Abbas:

إِنَّ هَذَا يَوْمُ عِيدٍ جَعَلَهُ اللَّهُ لِلْمُسْلِمِينَ، فَمَنْ جَاءَ إِلَى الْجُمُعَةِ فَلْيَغْتَسِلْ، وَإِنْ كَانَ طِيبٌ فَلْيَمَسَّ مِنْهُ، وَعَلَيْكُمْ بِالسِّوَاكِ

Artinya, “Hari ini (Jumat) adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam. Siapa yang ingin melaksanakan shalat Jumat, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian kalau ada, dan menggosok gigi (siwak),” (HR Ibnu Majah).

Lantas kapan waktu mandi terbaik di hari Jumat?

Menurut penjelasan Syekh M Nawawi, waktu mandi sunnah pada hari Jumat dilaksanakan setelah waktu subuh atau terbitnya fajar shadiq hingga khatib naik ke mimbar.

Namun waktu terbaik untuk mandi adalah sebelum berangkat ke masjid untuk Sholat Jumat, mengingat tujuan mandi adalah menghilangkan bau yang tidak enak serta najis.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved