Breaking News:

Berita Kota Kediri

Di 2 Lokasi Ini, Pemkot Kediri Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng dengan Harga Rp 14.000 per Liter

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar mengungkapkan, inflasi tahun 2021 Kota Kediri memang relatif rendah yakni 1,64 persen.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Deddy Humana
surya/didik mashudi
Gelaran operasi pasar minyak goreng di Kota Kediri. 

SURYA.CO.ID, KOTA KEDIRI - Beberapa bulan terakhir, minyak goreng menjadi salah satu penyumbang inflasi di Kota Kediri, akibat gejolak harga yang sulit dijangkau konsumen. Karena itulah, Pemkot Kediri bersama Pemprov Jawa Timur akan menggelar operasi pasar minyak goreng pada Jumat - Sabtu (14 - 15) Januari 2022.

Operasi pasar minyak goreng itu akan diadakan di Kantor Kelurahan Banjaran dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPT) Perlindungan Konsumen Kediri.

Pada operasi pasar ini, minyak goreng akan dijual dengan harga Rp 14.000 per liter. Saat ini harga minyak goreng di pasaran mencapai Rp 18.000 - Rp 20.000 per liter.

Masyarakat yang akan membeli minyak goreng pada operasi pasar harus membawa fotokopi KTP. Satu KTP bisa membeli maksimal 2 liter dan satu orang bisa membawa maksimal 6 KTP.

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar mengungkapkan, inflasi tahun 2021 Kota Kediri memang relatif rendah yakni 1,64 persen. Namun Pemkot Kediri melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri terus berupaya menekan harga komoditas penyumbang inflasi, salah satunya minyak.

Upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar operasi pasar minyak goreng. Melalui operasi pasar itu diharapkan membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng serta menjaga agar inflasi rendah dan terkendali.

“Operasi pasar ini diutamakan untuk masyarakat Kota Kediri. Jadi silakan datang dengan membawa fotokopi KTP. Kita akan terus berupaya untuk menekan harga minyak agar bisa dijangkau oleh masyarakat,” jelas Abu Bakar, Kamis (13/1/2022).

Minyak goreng menjadi penyumbang inflasi di Kota Kediri pada beberapa bulan terakhir. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS), minyak goreng masuk dalam 10 komoditas penyumbang inflasi.

Harga minyak goreng mengalami kenaikan sebesar 5,41 persen dengan andil penyumbang inflasi sebesar 0,075 persen. Saat ini harga minyak goreng di Kota Kediri berkisar Rp 18.000 hingga Rp 20.000 per liter. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved