Breaking News:

Pengurus Baru PWI Jatim Resmi Dilantik, Teguhkan Tekad Jadi Insan Pers Sehat Dan Berwibawa

Pengurus PWI Jatim periode 2021-2026 resmi dikukuhkan, Rabu (12/1/2022). Dibawah komando Lutfil Hakim

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Rudy Hartono
surya/yusron naufal
Suasana pelantikan pengurus PWI Jatim periode 2021-2026. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan sejumlah tokoh dan Forkopimda di Jawa Timur hadir secara langsung dalam pelantikan yang berlangsung di Surabaya, Rabu (12/1/2022). 

SURYA.co.id|SURABAYA - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Timur (PWI Jatim) periode 2021-2026 resmi dikukuhkan, Rabu (12/1/2022). Dibawah komando Lutfil Hakim sebagai Ketua, PWI Jatim bertekad meneguhkan insan pers yang sehat, cerdas dan berwibawa.

Dalam sambutannya, Lutfil Hakim mengajak para insan pers utamanya yang tergabung dalam PWI Jatim terus memperhatikan hal tersebut. Menurutnya penting, lantaran ruang publik terkait informasi saat ini menghadapi situasi luar biasa.

"Pers harus cerdas, karena bertugas memberikan bimbingan kepada masyarakat, memberikan penerangan dan konfirmasi ditengah ruang publik," kata Lutfil saat sambutan disela pelantikan yang berlangsung di Surabaya, Rabu (12/1/2022).

Pelantikan kepengurusan baru PWI Jatim ini dilakukan langsung oleh Ketua PWI Pusat, Atal S Depari. Selain itu, dihadiri juga oleh jajaran forkopimda Jawa Timur.

Hadir secara langsung Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak. Selain itu, ada Ketua DPRD Jatim Kusnadi, serta jajaran forkopimda lainnya. Termasuk Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Lutfil menyampaikan sebagai insan pers, pihaknya bertekad terus menjaga kompetensi, menjaga niat baik dalam berkarya serta etika. Termasuk kompeten sebagai pihak untuk kontrol sosial. Kritis tetap diperlukan dalam semangat membangun.

"Maka, pers harus independen, harus obyektif, tidak menjaga jarak tapi pers harus betul-betul menunjukkan pada publik tentang kebenaran berita," terangnya.

Di sisi lain, Lutfil juga mengingatkan pentingnya mengambil peran di berbagai sektor kehidupan berbangsa dan bernegara. Harapannya, mampu hadir menjadi solusi bagi persoalan bangsa, lewat dengan tugas dan fungsi.

"Memberikan solusi baik persoalan lingkungan, kesetaraan sosial, demokrasi, hukum maupun kemiskinan. Pers harus berperan bagaimana persoalan ini berkurang," urainya.

Kepengurusan yang baru dilantik ini mendapat sambutan hangat dari berbagai tokoh.

Ketua PWI Pusat, Atal S Depari dalam kesempatan yang sama menuturkan pihaknya mengapresiasi kepengurusan PWI di Jawa Timur. Apalagi, jumlah anggotanya besar, berkisar 1300 anggota. Sedangkan kepengurusan mencapai lebih dari seratus orang.

"Jawa Timur luar biasa buat PWI. Karena, jumlah pengurusnya banyak saya yakin sekali bahwa PWI di Jawa Timur akan tumbuh sehat karena banyak yang ngurus," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengucapkan selamat atas dilantiknya kepengurusan anyar PWI Jatim. Disisi lain, Khofifah berharap para insan pers terus meneguhkan peran.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved