Berita Malang Raya

PTM 100 Persen, Gencarkan Percepatan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Kota Malang

Berharap dengan kegiatan vaksinasi, pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen di MI Khadijah dapat berjalan dengan aman dan lancar

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Titis Jati Permata
tribun jatim/kukuh kurniawan
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto saat memberikan bingkisan hadiah bagi salah satu murid MI Khadijah yang telah melaksanakan vaksinasi, Selasa (11/1/2022). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Sebagai upaya percepatan vaksinasi anak dan meningkatkan herd immunity (kekebalan komunal), Polresta Malang Kota gelar vaksinasi untuk pelajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) Khadijah, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Selasa (11/1/2022).

Kepala MI Khadijah, Dra. Sa'ada mengatakan, jadwal pelaksanaan vaksinasi MI Khadijah dari Kementerian Agama (Kemenag) seharusnya ikut bergabung di MIN 1 awal bulan Januari 2022.

"Tetapi karena muridnya banyak, yaitu 454 anak. Maka, kegiatan vaksinasi kami adakan sendiri, karena puskesmas terdekat jadwalnya sudah penuh, akhirnya kami diarahkan ke klinik Polresta Malang Kota," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi tersebut digelar selama dua hari.

Untuk Selasa (11/1/2022), dikhususkan bagi murid kelas 1,2, dan 3.

Sedangkan untuk Rabu (12/1/2022) besok, dikhususkan bagi murid kelas 4,5,6.

"Untuk hari ini, jumlah yang vaksin sebanyak 206 anak. Sedangkan besok, jumlah yang divaksin 186 anak," tambahnya.

Baca juga: Jelang Liga 3 Putaran Nasional, Khusairi Didapuk Jadi Pelatih Sementara Gresik United

Dirinya juga mengungkapkan, tidak semua pelajar mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut.

Pasalnya, beberapa anak telah mengikuti vaksinasi secara mandiri serta memiliki penyakit auto imun.

"Dari total 454 anak, yang sudah vaksinasi mandiri 35 anak. Jadi yang melaksanakan vaksinasi mandiri, karena orang tuanya tenaga kesehatan di rumah sakit, sehingga ikut vaksin di instansi orang tuanya masing masing. Sedangkan, 12 anak tidak bisa divaksin karena punya penyakit auto imun sehingga harus ada rujukan dari dokter yang menangani," terangnya.

Dirinya berharap dengan kegiatan vaksinasi tersebut, pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen di MI Khadijah dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Saat ini, MI Khadijah masih nelaksanakan PTM 50 persen. Harapan kami dengan adanya kegiatan vaksinasi ini, maka minggu depan sudah bisa kita laksanakan PTM 100 persen," jelasnya.

Sementara Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto menerangkan, pihaknya akan terus menggelorakan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

"Saat ini, pelaksanaan vaksinasi untuk usia 6 sampai 11 tahun di wilayah Kota Malang telah mencapai 57 persen dan hal itu terus kami gelorakan. Dan kalau bisa, dalam minggu ini dan minggu depan, kami bekerjasama dengan Dinkes Kota Malang dan Kodim 0833/Kota Malang terus melakukan hal tersebut hingga mencapai diatas 70 persen," bebernya.

Pria yang akrab disapa BuHer ini juga menambahkan, bahwa stok vaksin untuk kegiatan pelaksanaan vaksinasi usia 6-11 tahun dan vaksinasi masyarakat umum, masih tercukupi.

Sehingga, masyarakat tidak perlu risau dan khawatir dengan ketersediaan vaksin.

"Sampai saat ini, stok vaksin masih mencukupi. Karena kami memiliki dua sumber penyedia vaksin, yaitu dari Dinkes Kota Malang dan Polri. Apabila vaksin di Polresta Malang Kota mulai minim, maka kami ajukan ke Dinkes Kota Malang dan Polda Jatim," tandasnya.

BACA BERITA MALANG RAYA LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved