Breaking News:

Berita Surabaya

DK3P Jatim: Kolaborasi Stakeholder Percepat Penanganan Covid-19

perhatikan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di masa pandemi agar para pekerja tetap dapat bekerja dan produktif.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
DK3P Jatim
Wakil Ketua Dewan K3 Provinsi (DK3P) Jawa Timur Edi Priyanto (paling kanan) saat tampil dalam pembukaan Bulan K3 Nasional 2022. 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - Sejumlah perhatian Pemerintah dalam memberikan perlindungan terhadap pekerja pada masa pandemi Covid-19 disebut memberikan manfaat untuk percepatan perbaikan perekonomian nasional.

Perhatian itu salah satunya diwujudkan dengan meminta kepada para pengusaha atau pimpinan perusahaan untuk memperhatikan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di masa pandemi agar para pekerja tetap dapat bekerja dan produktif.

Penguatan peran Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) dan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di setiap perusahaan menjadi faktor penting dalam menekan penularan Covid-19 di area kerja.

Wakil Ketua Dewan K3 Provinsi (DK3P) Jawa Timur Edi Priyanto mengatakan kebijakan tersebut memaksa pemberi kerja untuk memperhatikan aspek K3 di lingkungan kerja masing-masing yang bisa jadi sebelumnya belum mempedulikannya.

Pengusaha diminta untuk melakukan penilaian risiko penularan di lingkungan kerja masing-masing dan melakukan upaya mitigasi serta penyiapan sarana dan prasarana guna mencegah penularan virus korona di lingkungan kerja.

“Pandemi ini memaksa setiap pihak untuk beradaptasi, termasuk pengusaha, mereka harus menyediakan fasilitas untuk penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19 beserta instrumen perangkatnya demi kelangsungan usaha mereka, disini mereka semakin sadar akan pentingnya K3 dalam perusahaan,” ujar Edi, Selasa (11/1/2022).

Lebih lanjut, Edi menyebut tingkat kesadaran pengusaha dan pekerja terhadap K3 perlu ditingkatkan.

Masih ditemui perusahaan yang belum sepenuhnya sadar akan pentingnya K3 dalam mendukung peningkatan bisnis usaha.

Untuk itu pihaknya bersama-sama dengan pihak terkait, aktif melakukan edukasi baik sektor industri formal, sektor pendidikan, maupun sektor non-formal.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved