Breaking News:

Berita Surabaya

Cuaca Ekstrem dan Angin Kencang Terbangkan Atap Rumah Warga Petemon Surabaya

Angin kencang yang sempat terjadi di kawasan pemukiman di Kecamatan Sawahan, Surabaya, pada Selasa (11/1/2022) siang

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Rudy Hartono
surya/mohammad romadoni
Ilustrasi 

SURYA.co.id lSURABAYA - Angin kencang yang sempat terjadi di kawasan pemukiman di Kecamatan Sawahan, Surabaya, pada Selasa (11/1/2022) siang, sempat memporak-porandakan atap sebuah bangunan rumah warga.

Rumah Emi Sumartini, yang berlokasi Jalan Petemon Sidomulyo I No 33, Petemon, Sawahan, salah satunya. Sekitar pukul 12.00 WIB, atap bangunan berbahan asbes pada bagian depan rumah Emi, terbang disapu angin kencang.

Beberapa bagian serpihan asbes yang berterbangan ke arah selatan itu, tak pelak menimpa bagian tengah atap rumahnya yang berbahan genteng.

Kemudian, beberapa serpihan asbes juga sempat berjatuhan menghentak atap bangunan sisi paling belakang, hingga ambrol, di ruang dapur.

"Kejadiannya cepat sekali. Angin kencang terjadi sebelum hujan tiba," ujar Angga, menantu Emi, saat ditemui TribunJatim.com, di kediamannya.

Tak hanya mengoyak beberapa bagian atap di rumah itu. Serpihan batu coran pengunci atap asbes yang juga ikut beterbangan itu, bahkan sempat mengenai punggung paman Angga, bernama Edi Suparno.

Saat kejadian sapuan angin kencang itu terjadi. Angga mengungkap, ibu mertuanya itu memang sedang bercengkrama dengan pamannya di area depan rumah. Untungnya, lanjut Angga, pamannya itu, tidak sampai mengalami luka yang serius.

"Iya, serpihan batu pengunci asbes itu jatuh. Tapi paman gak apa-apa. Gak sampai terluka," ungkapnya.

Sementara waktu, Angga menerangkan, bagian atap rumah mertuanya yang berlubang akibat dikoyak angin kencang itu, ditutup menggunakan lapisan terpal.

Ia masih menunggu hujan reda terlebih dahulu untuk membenahi atap yang rusak itu dengan konstruksi bangunan yang lebih paten dan bersifat permanen. "Tadi saya cepat-cepat pasang terpal itu, karena belum hujan," jelasnya.

Meski tidak ada korban luka ataupun jiwa dalam insiden tersebut. Sejumlah petugas BPBD Kota Surabaya, di tingkat kelurahan, sempat melakukan pemeriksaan di rumahnya.

"Tadi sudah didatangi petugas. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa atau luka," pungkasnya.

Sementara itu, Kasitrantip Satpol PP Kecamatan Sawahan Kota Surabaya Eko Mulyono mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan anggota penanganan bencana di lokasi rumah yang dilaporkan mengalami kerusakan akibat angin kencang.

Atap rumah sudah terkondisikan dengan baik untuk sementara waktu. Ia memastikan, tidak ada korban jiwa atau luka, dalam insiden tersebut. "Iya sudah terkondisikan," pungkasnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved