Breaking News:

Indonesia Butuh Relawan Berkualitas, Dirmawa ITS Selenggarakan Pelatihan Dasar

Direktorat Kemahasiswaan (Dirmawa) ITS menggelar Pelatihan Dasar Relawan Penanggulangan Bencana Dalam Penguatan Nilai Kebangsaan

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Rudy Hartono
surya/febrianto ramadani
Suasana Pelatihan Relawan yang digelar Dirmawa dengan Kompartemen Kebencanaan IKA ITS, Gedung SCC ITS dan kawasan Parkir Kantin ITS, Senin (10/1/2022) 

SURYA.co.id|SURABAYA -  Direktorat Kemahasiswaan (Dirmawa) ITS berkolaborasi dengan Kompartemen Kebencanaan IKA ITS, menggelar Pelatihan Dasar Relawan Penanggulangan Bencana Dalam Penguatan Nilai Kebangsaan, Gedung SCC ITS dan kawasan Parkir Kantin ITS, Senin (10/1/2022).

Dengan menggandeng beberapa elemen kebencanaan di Jawa Timur, antara lain BPBD Jatim, SAR Surabaya, RAPI, PMI dan GALENA Rescue. Ditambah pemateri dari Dewan Pakar Kompartemen Kebencanaan IKA ITS, diantaranya Dr Amien Widodo, Dr Citrosiswoyo Wahyudi dan Dr Eng Yeyes Mulyadi. Materi pokok yang diberikan yakni Konsepsi dan Karakteristik Bencana, Prinsip Dasar dan  Sistem Nasional Penanggulangan Bencana.

Dewan Pembina PP IKA ITS,  Djuwono Hadisusanto, menyatakan Kompartemen Kebencanaan IKA ITS telah banyak berkiprah dalam penanggulangan kebencanaan mulai dari tsunami Aceh, gempa Palu, gempa Lombok, erupsi gunung Kelud, Merapi, Semeru dan sebagainya. Juga dalam penanganan bencana kesehatan berupa pandemi Covid-19 dengan berperan menangani permasalahan sosial kemasyarakatan.

"Melalui pelatihan ini diharapkan peserta menjadi relawan tangguh penanggulangan bencana. Dengan standar materi dari BNPB ditambah dengan materi berbasis keilmuan maka peserta akan memiliki dan mengaplikasikan keterampilan yang telah diperoleh serta lebih tanggap dan peduli dalam penanganan kebencanaan di Indonesia," ucapnya.

Upaya penumbuhan dan peningkatan kesadaran calon relawan akan potensi ITS dalam penanggulangan bencana di Indonesia akan mampu meningkatkan rasa kebersamaan relawan mahasiswa ITS dengan relawan IKA ITS. Pelatihan ini juga akan memasok darah segar bagi kerelawanan dan juga memberikan harapan keberlangsungan kerelawanan ITS dan alumninya.

Dr Eng Yeyes Mulyadi dari Direktorat Kemahasiwaan ITS menekankan tentang pentingnya upaya penguatan nilai kebangsaan dalam kontek Relawan Kebencanaan. Mahasiswa perlu untuk merancang apa yang akan dilakukan ke depan, mengasah keresahan atas kondisi bangsa guna menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap jatuh bangunnya NKRI dengan penuh kematangan dalam berpikir dan bersikap.

"Dengan adanya tantangan dewasa ini dengan segala sesuatu bergerak dengan cepat, dunia menjadi tanpa batas, informasi dapat diperoleh dimana saja dan dari siapa saja serta gaya hidup bergeser ke serba instan dan teknologi menjadi dominasi dalam hidup, maka harus ada upaya untuk menjawab itu," katanya.

Mahasiswa, lanjut Yeyes, sebagai bagian dari generasi muda harus dapat menjadi penggerak perubahan dan harus siap membangun dan meneruskan kepemimpinan guna menjaga kelangsungan bangsa Indonesia.

Suasana Pelatihan Relawan yang digelar Dirmawa dengan Kompartemen Kebencanaan IKA ITS, Gedung SCC ITS dan kawasan Parkir Kantin ITS, Senin (10/1/2022)
Suasana Pelatihan Relawan yang digelar Dirmawa dengan Kompartemen Kebencanaan IKA ITS, Gedung SCC ITS dan kawasan Parkir Kantin ITS, Senin (10/1/2022) (surya/febrianto ramadani)

"Salah satu langkah nyata adalah melalui pelatihan dasar relawan kebencanaan ini, sebagai upaya menanamkan semangat kebangsaan dengan cara menumbuhkan kembali semangat kerelawanan dan kemanusiaan," terangnya.

"Hal ini sejalan dengan tagline ITS Advancing Humanity yang memberikan inspirasi bahwa para civitas akademika ITS termasuk mahasiswa di dalamnya tidak melulu berkutat pada hal akademik dan teknologi semata, tetapi juga harus mempunyai empati dan jiwa sosial serta rasa kemanusiaan yang diimplementasikan dengan karya nyata," pungkasnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved