Breaking News:

Berita Kota Surabaya

Menekan Dampak Negatif ke Lingkungan, Tahun Ini Lima Pasar di Surabaya Bebas Sampah Plastik

Program pasar bebas kantong plastik merupakan gagasan Komunitas Nol Sampah dan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik.

surya/bobby constantine koloway
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi meresmikan Citraland Fresh Market Bebas Kantong Plastik, Minggu (9/1/2022). 

SURYA.CO.ID, KOTA SURABAYA - Langkah untuk mengurangi sampah plastik bukannya tidak dilakukan pemerintah. Tahun ini pun, Pemkot Surabaya menargetkan lima pasar di Kota Pahlawan harus bebas plastik dan cara itu diharapkan bisa meminimalisir dampak negatif limbah plastik di lingkungan.

Hal ini disampaikan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat meresmikan Citraland Fresh Market Bebas Kantong Plastik, Minggu (9/1/2022). Ini merupakan pasar percontohan bebas kantong plastik pertama di Kota Surabaya.

"Di tahun 2022 ini, minimal ada lima pasar yang berubah dengan mencontoh pasar di sini. Di sini bisa tertata dengan baik, pedagangnya juga makmur," kata Cak Eri.

Untuk mengefektifkan program bebas plastik ini, pemkot rencananya melakukan persiapan awal. Di antaranya, membuat dasar hukum. Dinas Lingkungan Hidup akan menyusun rancangan Peraturan Daerah (Perda) yang nantinya diturunkan dalam Peraturan Wali Kota (Perwali). "Tolong pulang dari sini langsung dibuatkan (rancangannya), supaya bisa segera jalan,” tegasnya.

Saat meresmikan Citraland Fresh Market Bebas Kantong Plastik, Cak Eri juga sempat menyapa dan membeli sejumlah barang di sana, Cak Eri bangga dengan terobosan di pasar percontohan ini.

Pihaknya mendukung penuh upaya pengurangan kantong plastik sekali pakai di pasar tradisional. Dengan meminimalisir penggunaan plastik, pedagang dan pembeli bisa menggunakan tas kain.

Cara ini akan menjadi peluang besar bagi para UMKM di Surabaya untuk membuat usaha tas kain atau tas belanja. "Ini merupakan peluang besar bagi para UMKM untuk membuat tas kain," katanya.

Program pasar bebas kantong plastik merupakan gagasan Komunitas Nol Sampah dan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik. Mereka bekerjasama dengan Citraland untuk membuat pasar Citraland yang bebas sampah plastik.

Program ini dimulai sejak Agustus 2021. Ini dicetuskan karena banyaknya hewan yang mati akibat sampah plastik. "Indonesia juga merupakan negara kedua penghasil sampah plastik terbanyak di dunia. Bahkan sudah banyak juga hewan yang mati akibat sampah plastik," kata Koordinator Nol Sampah, Wawan Some di tempat yang sama.

Citraland Fresh Market dipilih karena pihak pengelola ikut mendukung upaya pengurangan sampah plastik itu. “Di sini juga sudah banyak pedagang yang mulai sadar bahaya penggunaan sampah plastik, jadi tepat," ucap Wawan.

Pihaknya siap mendukung Pemkot Surabaya menciptakan lima pasar bebas kantong plastik. Menurutnya, program ini sudah diterapkan di beberapa kota lain. "Perlu sosialisasi kepada para pedagang pasar. Kami optimistis tahun 2022 ini di Surabaya minimal ada 5 pasar yang bebas kantong plastik,” pungkasnya. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved