Breaking News:

Citraland Fresh Market Jadi Percontohan Pasar Tradisional Pertama Bebas Kantong Plastik di Surabaya

Citraland Fresh Market. Pengelola secara resmi melaunching program bebas kantong plastik di Food Court

Penulis: Zainal Arif | Editor: Rudy Hartono
surya/habibur rohman
Walikota Surabaya Eri Cahyadi menyapa pelaku usaha di Citraland Fresh Market Kota Surabaya, Minggu (9/1/2022). Kehadiran Walikota ini untuk memperkenalkan sekaligus melaunching program pasar bebas plastik menjadikan Citraland Fresh Market sebagai model percontohan pasar bebas plastik pertama di Kota Surabaya. 

SURYA.co.id|SURABAYA – Sampah plastik apabila tidak dikurangi penggunaannya akan berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan.Penggunaan kantong kain tentu menjadi alternatif yang bisa dipilih masyarakat saat berbelanja untuk mengurangi limbah plastik sekali pakai ini.

Hal itulah yang ingin diterapkan Citraland Fresh Market. Pengelola secara resmi melaunching program bebas kantong plastik di Food Court (Depan Panggung) Citraland Fresh Market Kota Surabaya, Minggu (9/1/2022).

Launching program bebas kantong plastik kali ini, juga dihadiri oleh Walikota Surabaya, Eri Cahyadi.

Melalui program ini, tentu menjadikan Citraland Fresh Market sebagai pasar percontohan bebas plastik pertama di Surabaya.

Program yang digagas oleh Komunitas Nol Sampah bersama Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik dan beberapa pihak lainnya, meminta para pengunjung dan pedagang untuk menggunakan tas kain yang bisa digunakan berulang kali saat belanja.

Koordinator Nol Sampah, Wawan Some mengatakan program yang telah dimulai sejak Agustus 2021 ini dilakukan karena ada banyak hewan yang mati akibat sampah plastik.

"Ini kami lakukan karena Indonesia adalah negara kedua penghasil sampah plastik terbanyak di dunia. Bahkan sudah banyak juga hewan yang mati akibat sampah plastik," kata Wawan.

Ia menuturkan, dipilihnya Citraland Fresh Market sebagai percontohan karena pihak pengelola sangat mendukung upaya pengurangan sampah plastik.

"Karena disini (Citraland Fresh Marker) respons pengelolanya sangat luar biasa. Di sini juga sudah banyak pedagang yang mulai sadar bahaya penggunaan sampah plastik," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menegaskan pihaknya akan mendukung penuh upaya pengurangan kantong plastik sekali pakai di pasar tradisional.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved