BIODATA Abdullah Azwar Anas yang Disebut Sekjen PDIP Berpotensi Gantikan Anies Baswedan Selain Risma

Berikut Biodata Abdullah Azwar Anas, Mantan Bupati Banyuwangi yang berpotensi diusung PDI Perjuangan sebagai calon Gubernur pengganti Anies Baswedam.

Editor: Musahadah
Tribunnews.com
Abdullah Azwar Anas masuk dalam 6 kader PDIP yang berpotensi gantikan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Berikut profil dan biodatanya. 

SURYA.co.id, JAKARTA  - Berikut Biodata Abdullah Azwar Anas, Mantan Bupati Banyuwangi yang berpotensi diusung PDI Perjuangan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan.

Abdullah Azwar Anas termasuk kader PDIP  yang sudah dipersiapkan partai banteng bermoncong putih itu sebagai orang nomor satu di Jakarta. 

Lima nama lain yang masuk radar PDIP adalah, mantan Wali Kota Surabaya yang kini menjadi Menteri Sosial Tri Rismaharini, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. 

Lalu,  Hendra Prihadi Wali Kota Semarang,  Jawa Tengah, Budi 'Kanang' Sulistyono yang merupakan eks Bupati Ngawi serta Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra.

Menurut Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, nama-nama ini adalah kader PDI-P yang telah berhasil memimpin di tingkat kabupaten kota di Indonesia.

Baca juga: Biodata Gembong Warsono Politisi PDIP yang Sebut Mimpi Anies Baswedan Jadi Presiden 2024 Ketinggian

Terkait Risma, menurut Hasto, dalam kepemimpinan Risma selama 2 periode di kota Surabaya, Menteri Sosial RI itu mampu menunjukkan perubahan yang signifikan.

Hal itu terlihat dengan adanya perubahan secara kultur di dalam masyarakat Surabaya.

"Sehingga masyarakat Surabaya kita lihat sekarang merawat lingkungan dengan baik melakukan tata kota yang mencerminkan keindahan kota Surabaya," kata Hasto saat ditemui di Sekolah Partai PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (7/1/2022).

Sementara, untuk Gibran Rakabuming Raka dirinya berharap kalau putra dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu masih dinilai perlu untuk membuktikan kepemimpinan yang ideologis.

Tak hanya itu, Gibran kata dia juga dinilai perlu untuk mencontoh cara kerja Menteri Risma yang sukses membangun Surabaya.

 "Tentang bagaimana membangun kota agar lebih manusiawi agar setiap warganya bergotong-royong dengan penuh kesadaran memperindah kota dan kemudian membawa kemajuan bagi setiap warganya," kata dia.

"Cukup banyak calon-calon pemimpin, karena proses kaderisasi di sekolah partai mereka layak untuk dicalonkan di Jakarta," ucap Hasto.

Kendati begitu, Hasto belum enggan berbicara lebih lanjut fokus sosok yang akan dijadikan oleh PDI-P sebagai calon pengganti Anies Baswedan.

Kata dia, saat ini yang menjadi fokus dari partai berlogo kepala banteng itu, masih untuk melakukan konsolidasi di internal partai.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved