Breaking News:

Berita Surabaya

Trafik Data XL Axiata Naik 38 Persen Selama Liburan Natal dan Tahun Baru 2022

XL Axiata mencatat kenaikan trafik data hingga 38 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya di libur Natal dan Tahun Baru.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
XL Axiata
Kenaikan trafik yang terjadi pada jaringan XL Axiata pada Natal dan Tahun Baru 2022. 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - PT XL Axiata Tbk atau XL Axiata mencatat kenaikan trafik data hingga 38 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya pada masa libur Natal dan Tahun Baru (nataru) 2022 ini.

Kenaikan tertinggi terjadi pada Hari Natal sebesar 7 persen dan trafik Tahun Baru 15 persen dibandingkan hari normal.

"Hal ini seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) dan SMS mengalami penurunan sebesar 3 persen dibandingkan hari biasa," kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Teknologi Officer Officer XL Axiata, Selasa (4/1/2022).

Lebih lanjut, Gede menyebutkan, bila pihaknya juga telah jauh-jauh hari menyiapkan jaringan untuk melayani pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2022.

Berdasarkan dinamika di masyarakat, terutama adanya kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan dan berwisata, sejak awal memprediksi kemungkinan akan ada kenaikan trafik data, meski pun belum seperti saat sebelum pandemi.

"Karena itu, untuk menjaga kualitas layanan, antara lain kami melakukan peningkatan kapasitas hingga 2x, pengerahan Mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya," jelasnya.

Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru.

Meski tak ada pembatasan perjalanan, trafik data di area pemukiman tetap naik sekitar 2 persen dibandingkan hari normal.

Beberapa kawasan pemukiman/perumahan yang mengalami kenaikan tersebut, terutama adalah perumahan di kota Jakarta, Tegal, Depok, Solo, Kediri, Bekasi, Batam, Jambi, Palembang dan sebagainya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved