Breaking News:

Berita Banyuwangi

Jumlah Desa Maju Meningkat, Menteri Halim Anugerahkan Penghargaan ke Bupati Banyuwangi

Kemendes PDTT memberi penghargaan kepada Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani lantaran dinilai memiliki komitmen mendorong percepatan pembangunan desa

Penulis: Haorrahman | Editor: Cak Sur
Istimewa
Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar memberikan penghargaan kepada Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani di Gedung Negara Grahadi Surabaya, disaksikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Rabu (29/12/2021). 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memberi penghargaan kepada Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani lantaran dinilai memiliki komitmen mendorong percepatan pembangunan desa, sehingga Banyuwangi dinyatakan bebas desa tertinggal.

Bupati Ipuk mendapat penghargaan Percepatan Pembangunan Desa Kategori Pertama, karena seluruh desa di Banyuwangi telah mencapai status Berkembang, Maju dan Mandiri.
Penghargaan diserahkan langsung Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar, kepada Bupati Ipuk di Gedung Negara Grahadi Surabaya, disaksikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada Rabu (29/12/2021).

"Alhamdulillah, ini merupakan kerja keras para kepala desa, camat dan seluruh stakeholder, termasuk penndamping desa dan perguruan tinggi yang telah melakukan pendampingan sehingga tercapainya peningkatan status IDM (Indeks Desa Membangun) di Banyuwangi,” ujar Bupati Ipuk.

Berdasarkan data (Indeks Desa Membangun) IDM 2021, Banyuwangi dinyatakan telah bebas (zero) desa tertinggal. Status desa mandiri, maju, dan berkembang di Banyuwangi tercatat mengalami peningkatan. Dengan rincian jumlah desa mandiri sebanyak 89 desa, desa maju sebanyak 87 desa dan desa berkembang 13 desa. Angka ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Yakni desa mandiri berjumlah 52 desa, desa maju 111 desa, dan 26 desa berkembang.

Peningkatan ini menunjukkan, bahwa pemerataan pembangunan di Banyuwangi terus menunjukkan tren yang positif. Pembangunan tidak hanya di lakukan di wilayah perkotaan, namun hingga ke desa-desa.

“Ke depan, pemerataan pembangunan hingga ke pedesaan akan terus kita tingkatkan agar desa mandiri di Banyuwangi semakin bertambah,” tambah Bupati Ipuk.

Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa Banyuwangi, Kusiyadi mengatakan, Banyuwangi terus berupaya mendorong kemandirian desa untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat hingga ke desa-desa.

“Program keroyokan lintas OPD untuk pemerataan pembangunan hingga ke wilayah pedesaan akan kami perkuat lagi,” kata Kusiyadi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved