Berita Malang Raya

Antisipasi Lonjakan Covid Usai Tahun Baru, Polresta Malang Kota Lakukan Pengecekan Rumah Sakit

AKBP Budi Hermanto mengatakan, kegiatan pengecekan tersebut dilakukan dalam rangka kesiapan antisipasi lonjakan Covid.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Titis Jati Permata
tribun jatim/kukuh kurniawan
Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto saat berbicara dengan Direktur RS Hermina Tangkubanprahu, dr Agnes Widayu Estiningsih dalam kegiatan pengecekan rumah sakit, Jumat (31/12/2021). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Antisipasi lonjakan kasus Covid usai tahun baru, Polresta Malang Kota lakukan pengecekan rumah sakit, Jumat (31/12/2021).

Kegiatan pengecekan tersebut langsung dilakukan Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto.

Dalam kegiatan itu, ada empat rumah sakit yang dilakukan pengecekan yaitu Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA), RS Lavalette, RS Panti Waluya Sawahan, dan RS Hermina Tangkubanprahu.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto mengatakan, kegiatan pengecekan tersebut dilakukan dalam rangka kesiapan antisipasi lonjakan Covid.

"Jadi yang pertama, dalam kesiapan antisipasi penanggulangan lonjakan Covid. Kita ketahui, saat ini ada varian Omicron dan Omicron Delta. Dan alhamdulillah empat rumah sakit yang kami datangi telah siap, baik kesiapan tenaga medis maupun ketersediaan tempat tidur (bed)," ujarnya.

Pria yang akrab disapa BuHer ini juga mengungkapkan, jumlah ketersediaan tenpat tidur untuk pasien Covid di empat rumah sakit tersebut.

"Untuk di RSSA tadi, ada sekitar 200 bed. Sedangkan di RS Lavalette ada 80 bed, RS Panti Waluya Sawahan ada 40 bed, dan RS Hermina Tangkubanprahu 50 bed," tambahnya.

Baca juga: Menhub Budi Karya Sumadi Lepas Ekspor Gerbong Barang Produksi PT INKA ke Selandia Baru

BuHer juga menjelaskan, kegiatan pengecekan tersebut juga dilakukan dalam rangka antisipasi pergantian tahun.

"Kita antisipasi pergantian tahun, mungkin terjadi kasus laka lantas akibat miras atau mungkin korban dari kasus ledakan petasan. Hal tersebut, tentu kita antisipasi dengan ketersediaan tim medis dan dokter di ruang UGD maupun ambulans," bebernya.

Sementara itu, Direktur RS Hermina Tangkubanprahu, dr Agnes Widayu Estiningsih menerangkan, bahwa pihaknya siap membantu Polresta Malang Kota dalam hal kesiapsiagaan medis.

"Tentunya, RS Hermina Tangkubanprahu siap membantu Polresta Malang Kota dalam kesiapsiagaan medis, yaitu dengan menempatkan dokter dan tim medis di pos-pos pengamanan. Selain itu di momen pergantian tahun baru ini, kami menambah bed ruang UGD. Dari yang semula 13 bed, kami tambah menjadi 2 bed, sehingga total ada 15 bed di ruang UGD. Termasuk, kami juga siapkan dokter spesialis emergency (kedaruratan), dokter ortopedi, dokter bedah saraf, ditambah beberapa dokter umum," tandasnya.

BACA BERITA MALANG RAYA LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved