Komcad

MULAI 2022 PNS Wajib Jadi Tentara Cadangan, Sama Dengan Komcad? Catat, Ini Aturan dan Penjelasannya

Mulai 2022, Pegawai Negeri Sipil ( PNS) wajib menjadi tentara cadangan setelah aturannya diteken oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo pada 27 Desember.

Editor: Iksan Fauzi
Dok. Tribun Timur
Ilustrasi Komcad. Mulai 2022, PNS jadi tentara cadangan mirip Komcad. 

SURYA.co.id | JAKARTA - Mulai 2022, Pegawai Negeri Sipil ( PNS) wajib menjadi tentara cadangan setelah aturannya diteken oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo pada 27 Desember 2021.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membentuk Komponen Cadangan ( Komcad) yang langsung diawasi oleh TNI.

Di dalam artikel di bawah ini, Anda akan mendapatkan informasi tentang PNS wajib menjaga pertahanan negara.

Di antara caranya adalah mengikuti pelatihan kemiliteran dan pemahaman ideologi kebangsaan. 

Keputusan PNS jadi tentara cadangan tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Nomor 27 Tahun 2021.

SE itu tentang Peran Serta Pegawai ASN sebagai Komponen Cadangan Dalam Mendukung Upaya Pertahanan Negara yang diteken Tjahjo Kumolo pada 27 Desember.

"SE ini diperuntukkan bagi pegawai ASN (PNS) agar ikut serta dalam pelatihan Komponen Cadangan dalam rangka mendukung upaya pertahanan negara,” kata Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/12).

Foto ilustrasi Komcad
Foto ilustrasi Komcad (Tribun Manado)

Surat Edaran yang diteken Tjahjo tersebut menjelaskan keikutsertaan ASN atau PNS dalam Pelatihan Komponen Cadangan adalah sebagai bentuk dukungan terhadap pertahanan negara.

Hal ini mendukung UU No 23/2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional yang menjelaskan Komponen Cadangan adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama.

Kemudian berdasarkan UU No 3/2002 tentang Pertahanan Negara, disebutkan pertahanan negara Indonesia diselenggarakan melalui Sistem Pertahanan Semesta.

Sistem ini melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan segenap sumber daya nasional.

Adapun pelibatan seluruh sistem pertahanan semesta tersebut dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terarah, dan berlanjut.

Dalam menjabarkan Sistem Pertahanan Semesta tersebut, selain Komponen Utama, juga diperlukan peran serta Komponen Cadangan.

"Keikutsertaan ASN dalam Pelatihan Komponen Cadangan juga sebagai bentuk pengamalan nilai dasar ASN BerAKHLAK, khususnya nilai Loyal. Adapun panduan perilaku yang dijalankan adalah memegang teguh ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI, serta pemerintahan yang sah," lanjut isi SE yang ditandatangani pada 27 Desember 2021 itu.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved